Follow Us

Identik dengan Kue Lebaran, Inilah Sosok Pelukis Kaleng Khong Guan

Dok Grid - Jumat, 15 Maret 2024 | 11:25
Pelukis kaleng Khong Guan
tribunnews.com

Pelukis kaleng Khong Guan

HAI-Online.com - Mendekati hari raya Idul Fitri, anek kue pastinya udah banyak dijumpai seperti nastar, putri salju, dan lain-lain. Belum lagi makanan ringan lainnya semacam keripik, stik keju, rangginang dan kemplang.

Setiap berkunjung ke rumah saudara pasti bakal ada banyak sekali toples yang isinya kue berjejer rapi di atas meja.

Yang menarik setiap tahunnya adalah hampir di antara aneka kue tersebut ada sebuah penganan khas yang ditaruh di dalam sebuah kaleng legendaris yaitu Khong Guan.Penganan bermerk Khong Guan ini sangat melegenda, pasalnya dia termasuk salah satu makanan yang udah lama ada di Indonesia.

Setiap orang pasti kenal, bahkan Khong Guan udah punya pasarnya sendiri.

Selain kuenya yang enak, ada hal menarik lainnya dari kaleng Khong Guan yaitu soal gambar yang selalu dibikin meme sama warganet, sebuah keluarga yang cuman ada ibu dan anaknya alias tanpa bapak.

Netizen selalu nanyain, dimana sosok bapak dari anak-anak tersebut? haha, hal ini jadi bikin penasaran semua orang siapa gerangan yang ngelukis gambar fenomenal itu?

Baca Juga: Jalani Bisnis Tukar Uang Baru untuk 'THR' Lebaran, Cowok Ini Untung Rp 20 juta perhari

Ternyata dia adalah Bernandus Prasodjo seorang pelukis dari kaleng Khong Guan. Laki-laki yang saat ini udah berusia 70-an, merupakan orang di balik gambar seorang ibu dan dua anak yang ada di kaleng Khong Guan.

Pelukis Kaleng Khong Guan, Bernandus Prasodjo
tribunnews.com

Pelukis Kaleng Khong Guan, Bernandus Prasodjo

Bernandus mulai menggeluti bidang lukis dan desainer grafis sejak tahun 1970. Dia sempet berkiprah di majalah musik Aktuil dan ngisi rubrik komik strip.

Selain itu Bernandus juga pernah jalanin pendidikan di Fakultas Seni Rupa, Institut Teknologi Bandung meskipun dia nggak nyelesaiin sampe lulus.

Pertemuannya dengan kaleng Khong Guan yaitu ketika dia mulai pindah di Jakarta. Di ibu kota bekerja sebagai tukang gambar di sebuah perusahaan spararsi warna. Dari sanalah Bernandus dapet orderan sebagai ilustrasi kaleng biskuit Khong Guan.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular