Follow Us

Ngecek Introvert atau Ekstrovert Bisa Dilihat dari 5 Kebiasaan Main Medsos

Dok Grid - Senin, 29 Januari 2024 | 12:12
Main media sosial ala ekstrovert
123

Main media sosial ala ekstrovert

HAI-Online.com - Secara sederhananya, tipe kepribadian umum dibagi dalam tipe introvert dan ekstrovert, dan ambivert.

Namun untuk dua tipe kepribadian utama, itu bisa dilihat, kok, lewat kebiasaan bermedia sosial.

Ekstrovert menurut Psychological Types karya psikolog Carl Jung, digambarin kayak orang yang senang di tengah banyak orang.

Baca Juga: 3 Cara Agar Introvert Bisa Bersaing Dengan Ekstrovert

Mereka yang jiwanya ekstrovert punya hasrat lebih buat pengalaman baru dan hubungan sosial dan kemampuan memimpin.

Sementara introvert sering digambarin kayak orang yang lebih suka menyendiri dalam kegiatan yang kreatif. Kayak membaca, gambar, melukis atau men-design karya tertentu.

Tapi perlu dibedain, nih, orang introvert bukan berarti antisosial. Mereka juga suka berteman, kok. Cuma emang lingkup pertemananya yang sebesar dan seluas ektrovert. Artinya mereka cuma akrab sama segelintir orang aja.

Ada juga ambivert. Nah, yang ini tengah-tengahnya introvert dan ekstrovert. Kalo dibayangin jadi dua ujung, nah, ambivert ada di tengah-tengah. Artinya nggak introvert dan nggak ekstrovert juga.

Nah, buat yang masih bingung 'gue introvert atau ekstrovert ya?' nggak usah bingung. Karena tipe kepribadian yang sederhana itu bisa diketahui salah satunya lewat kebiasaan bermedia sosial.

Susan M. Henney, profesor bidang psikologi dari University of Houston-Downtown mencoba merangkai sebuah kuis untuk buat tahu karakter seseorang.

1. Ngecek Media sosial atau situs?

Kalo lagi cari informasi, lo lebih suka nyari di media sosial kayak Twitter atau Instagram atau langsung ke situs yang lo pengen.

"Mereka yang introvert cenderung membaca apa yang mereka mau baca dan tidak peduli apakah orang lain setuju atau tidak dengan mereka. Sedangkan ekstrovert senang jika semua orang mengetahui apa yang mereka baca dan pandangan mereka tentang isu-isu terkini, bahkan membuka diskusi," ujar Henney.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest