Follow Us

Bukan Cuma di Indonesia, Hollywood Juga Ngalamin Data Breaching, Info Pribadi Seleb Dunia Pun Bocor

Annisa Putri Salsabila - Rabu, 13 Mei 2020 | 15:43
Madonna dan Lady Gaga
FeedMe.id

Madonna dan Lady Gaga

Hai-online.com- Baru-baru ini, firma hukum Grubman Shire Meiselas & Sacks dilaporkan lagi ngalami insiden data breach (pelanggaran data) akibat peretasan dengan teknik Ransomware dari kelompok hacker bernama REvil (dikenal sebagai Sodinokobi).

Untuk diketahui, Grubman Shire Meiselas & Sacks merupakan firma hukum yang menaungi banyak artis top Hollywood.

Baca Juga: 'Si Leher Beton' Mike Tyson Bakal Balik ke Ring Tinju untuk Amal

Sebelumnya, kelompok hacker REvil dilaporkan juga udah ngelakuin serangan ke beberapa perusahaan/organisasi besar, seperti Travelex dan Brooks International.

Dilansir dari Variety (13/5), dalam kasus peretasan ini total data yang berhasil diretas sebesar 756 GB. Data yang diretas di antaranya berisi kontrak, perjanjian kerahasiaan, nomor telepon, alamat email, korenspondensi pribadi.

Beberapa artis yang datanya mengalami peretasan tersebut seperti Madonna, Bruce Springsteen, Lady Gaga, Nicki Minaj, Christina Aguilera, Mariah Carey, Jessica Simpson, Priyanka Chopra, Idina Menzel, Run DMC, dan masih banyak lagi.

Menurut perusahaan keamanan siber Emsisoft, kasus ini tercium pertama kali dari ungguhan bukti pencurian (berupa screenshot) melalui sebuah forum di dark web yang dilakuin sama kelompok hacker REvil.

Baca Juga: Kemarin Tokopedia, Kini 1,2 Juta Data Pelanggan Bhinneka.com Diretas, Disarankan Ganti Password Segera

Dalam ungguhan itu, selain nunjukin direktori data yang dicuri dengan folder berisi nama-nama bintang top Hollywood, juga nunjukin kutipan dari kontrak Tur Madonna's 2019-20 “Madame X” dengan Live Nation.

Bahkan, isi kutipan itu lengkap dengan tanda tangan dari pihak artis dan perusahaan konser Live Nation.

Menanggapi kasus ini, pihak Grubman Shire Meiselas & Sacks mengatakan "Kami dapat mengkonfirmasi bahwa kami telah menjadi korban serangan siber. Kami telah memberi tahu klien dan staf kami tentang hal ini. Saat ini, kami telah mempekerjakan para ahli dunia yang berspesialisasi dalam bidang ini, dan kami juga tengah bekerja sepanjang waktu untuk mengatasi masalah ini.”

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular