Follow Us

Selamat Jalan Abah! Pemeran Keluarga Cemara Adi Kurdi Tutup Usia

Annisa Putri Salsabila - Jumat, 08 Mei 2020 | 14:55
Adi Kurdi di Serial Tv Keluarga Cemara
youtube.com

Adi Kurdi di Serial Tv Keluarga Cemara

HAI-Online.com - Terima kasih, Emak... Terima kasih, Abah....Untuk tampil perkasa bagi kami putra-putri yang siap berbakti..

Sepenggal lirik tersebut langsung ngingetin kita sama lagu dari soundtrack serial tv terkenal Keluarga Cemara.

Namun tepat di hari ini juga, dunia Perfilman Indonesia dikejutkan dengan kabar duka dari aktor senior Adi Kurdi yang meninggal dunia pada Jumat (8/5/20) siang ini di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta Timur.

Kabar duka ini disampaikan sahabat Adi Kurdi, Romo Yustinus Sulistiadi Pr ke Kompas.com. "Mas Adi Kurdi meninggal dunia siang ini," kata Romo Yustinus.

Namun, sampai saat ini belum diketahui penyebab Adi Kurdi tutup usia.

Baca Juga: Universitas Pramita Indonesia Bagikan Sembako ke Warga Dekat Kampus yang Terdampak Covid-19

Adi Kurdi adalah sosok Abah dalam serial Keluarga Cemara yang terkenal di pertengahan 1990-an. Adi Kurdi lahir 22 September 1948 di Pekalongan, Jawa Tengah.

Ia pernah dapet penghargaan Indonesian Movie Actors Award untuk Lifetime Achievement, Piala Maya untuk Aktor Pendukung Terpilih, nominasi Piala Citra untuk pemeran pendukung pria terbaik, dan Piala Citra untuk pemeran utama pria terbaik.

Adi Kurdi memulai kariernya di dunia hiburan sejak 1980. Namanya mencuri perhatian di kalangan sineas Indonesia berkat kemampuannya tampil di berbagai pementasan teater. Salah satu pementasannya yang terkenal adalah Kisah Perjuangan Suku Naga.

Baca Juga: NIKI Galang Dana Lewat Konser 88 Asia Rising Forever Pake Cara Memasak

Waktu itu, Adi Kurdi jadi pemeran utama dalam teater asuhan WS Rendra, Bengkel Teater. Kesuksesannya di jagat teater akhirnya bikin Adi Kurdi dilirik dan diajak main layar lebar. Namanya dikenal publik berkat penampilannya dalam film layar lebar berjudul Gadis Penakluk (1980).

Berkat bermain dalam film tersebut, Adi Kurdi berhasil masuk nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 1981. Setelah itu, ia menjadi pemeran pendukung dalam film berjudul Putri Seorang Jendral hasil karya sutradara Wim Umboh. Kariernya di dunia hiburan semakin cemerlang, hingga saat ini ia udah membintangi 17 film layar lebar di Tanah Air.

Nggak cuman itu, ia juga membintangi serial drama televisi terkenal, seperti Keluarga Cemara (1997) dan Ali Topan Anak Jalanan (1997). Bahkan, berkat perannya dalam serial Keluarga Cemara, Adi Kurdi selalu dijuluki sebagai Abah. Terbaru, ia kembali memerankan sosok Abah yang ikonik dalam film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah. (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Adi Kurdi, Pemeran Abah Keluarga Cemara, Meninggal Dunia"

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest