Follow Us

Animator Tom and Jerry dan Popeye, Tutup Usia di Usia 95 Tahun

Annisa Putri Salsabila - Selasa, 21 April 2020 | 15:24
animator kartun tom and jerry, Gene Deitch meninggal dunia di usia 95 tahun
genPi.co

animator kartun tom and jerry, Gene Deitch meninggal dunia di usia 95 tahun

Hai-Online.com- Generasi 90-an, atau mungkin 80an pasti nggak asing sama kartun klasik "Tom and Jerry" dan "Popeye" yang sering diputer di layar tv atau bisa juga di VCD dan DVD.

Ada kabar duka yang dateng terkait dua kartun legendaris ini, yaitu animator mereka, Gene Deitch yang tutup usia di umur 95 tahun.

Baca Juga: Bandel Nggak Mau Lockdown, Tim Medis Turun ke Jalan Biar Pada Ngerti Susahnya Ngurus Pasien Covid-19

Menurut informasi dari pihak penerbitnya di Republik Ceko, Petr Himmel, Deitch meninggal dunia di rumahnya di Praha pada Kamis malam.

Nggak ada penjelasan lebih detail soal penyebab kematiannya. Gene meninggalkan seorang istri dan tiga anak laki-laki dari pernikahan sebelumnya. Seluruh anak cowoknya, ikut jejak Gene dan ibunya, menjadi seorang kartunis dan animator.

Dikutip dari laman LADBible.com, Senin (20/4/2020), Gene lahir di Chicago, Amerika Serikat pada tahun 1924, waktu dirinya masih anak-anak, dia pindah ke California.

Setelah menapaki karir militer yang singkat, dia keluar dan mulai jadi animator, sampe namanya muncul di berbagai nomine penghargaan berkelas. Dia juga pernah jadi nomine di Academy Award kategori animasi pendek untuk film "Munro" (1960), "Here's Nudnik" dan "How to Avoid Friendship (1964).

Baca Juga: Hampir Jadi Korban Kanibalisme, Intip Perjuangan Perempuan Austria Pas Traveling ke Suku Batak Kuno

Gene juga masuk nominasi Oscar di tahun 1958 untuk film "Sidney's Family Tree". Meski begitu, nama Gene Deitch jadi lebih populer berkat dua karya ikoniknya. yaitu "Tom and Jerry" dan "Popeye."

Dia pindah ke Praha bareng istrinya dan seorang teman animatornya, Zdenka Najmanova pada tahun 1959. Selama berada di ibu kota Ceko, dia udah nyiptain lebih dari 70 film animasi dan tujuh serial televisi.

Selain menggambar, dia juga nulis satu memori tentang kehidupannya sebagai seorang warga negara Amerika yang tinggal di Praha, yang pada saat itu masih di bawah diktator partai komunis.

Buku tersebut diberi judul "Love of Prague." Dia menggambarkan bagaimana menjadi warga Amerika yang tak hanya tinggal, tapi juga bekerja di Praha selama 30 tahun di bawah diktator partai komunis.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Animator Kartun 'Tom and Jerry' dan 'Popeye,' Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun,

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest