Follow Us

Bayi Zebra Ini Punya Tampilan Fisik Aneh, Ternyata Hasil Kawin Silang

Bagas Rahadian - Selasa, 21 April 2020 | 16:40
Zonkey dan induk zebranya

Zonkey dan induk zebranya

HAI-Online.com - Sebuah taman nasional di Afrika menjadi saksi dari kelahiran seekor satwa langka yang merupakan hasil kawin silang antara zebra dan keledai.

Hewan unik itu pun dinamai Zonkey, yang merupakan gabungan dari nama dua spesies hewan yang menjadi induknya, yakni zebra dan donkey (keledai).

Dilansir dari Mirror, taman nasional bukit Chyulu di negara Kenya mulanya mendapati seekor bayi kuda dengan tampilan fisik aneh keluyuran sambil mengikuti seekor zebra betina.

Kemudian, diketahui bahwa zebra tersebut merupakan induk dari anak kuda yang secara fisik menyerupai keledai lantaran punya warna kulit coklat muda, namun mempunyai corak hitam-putih layaknya zebra di bagian kaki.

Menurut peryataan organisasi penyelamat hewan, Sheldrick Wildlife Trust, dalam website-nya, kawin silang tersebut terjadi usai si zebra betina hidup bersama kawanan ternak di luar zona penangakaran.

"Awal tahun ini, tim kami mengamati zebra dengan anak kuda kecil di sisinya," tulis Sheldrick Wildlife Trust, seperti dikutip dari Mirror.

Baca Juga: Dian Sastro Rayakan Hari Kartini dengan Berkebaya Sambil Bawa Gitar Gibson Les Paul

"Tidak sampai beberapa minggu kemudian kami akhirnya dapat mengamati mereka dengan seksama, dan pada saat itulah kami mendapati temuan yang mengejutkan,"

"Anak zebra itu terlahir dengan garis-garis putih dan hitam di bagian kaki, sementara tubuh si kecil ini berwanra kuning kecoklatan,"

Melihat hal tersebut, awalnya tim penyelamat mengira bahwa Zonkey adalah bayi zebra biasa yang habis berkubang di lumpur lantaran warna coklat di sekujur tubuhnya.

Sampai akhirnya, mereka menyadari Zoknkey merupakan satwa hibrid hasil perkawinan dua spesies hewan.

Sementara itu, diketahui bahwa kini zebra dan bayi zonkey hidup di habitat baru, di mana tidak banyak terdapat predator dan punya sumber makanan dan air yang cukup. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular