Follow Us

Dampak Lockdown, Gunung Himalaya Kembali Tampak Dari India Setelah 30 Tahun

Bagas Rahadian - Jumat, 10 April 2020 | 19:00
Pegunungan Himalaya
Wildland Studies

Pegunungan Himalaya

HAI-Online.com - Perlu diakui kalo kebijakan lockdown memang memiliki sejumlah dampak positif selain mencegah semakin menyebarnya virus corona.

Kabarnya, di beberapa negara yang menerapkan lockdown secara ketat, polusi udara didapati menurun secara drastis. Nah, hal tersebut tampaknya terbukti nyata di India yang telah 21 hari berstatus lockdown.

Sebab, diketahui negara di selatan Asia itu kini bisa kembali terekspos pemandangan indah pegunungan Himalaya yang telah tertutup awan sejak 30 tahun terakhir.

Baru-baru ini, masyarakat India banyak didapati mengabadikan foto pegunungan Himalaya yang dapat terlihat dengan mata telanjang bahkan dari kejauhan.

Dalam foto itu misalnya, warga India tersebut mengatakan bahwa ia tinggal di Jalandhar, sebuah daerah di negara bagian Punjab, India Utara, yang diketahui berjarak 201 kilometer dari Himalaya.

Besar kemungkinan bahwa fenomena langka ini terjadi akibat meurunnya polusi udara di India secara drastis.

India sendiri terkenal sebagai salah satu negara dengan tingkat polusi udara tertinggi akibat banyaknya kendaraan dan aktivitas pabrik di negara tersebut.

Baca Juga: Kalau Pandemi Corona Selesai, Manic Street Preachers Gelar Konser Gratis Khusus Bagi Para Pekerja Medis

Dan laporan Dewan Pengendalian Polusi Pusat India, India memang disebutkan mengalami peningkatan kualitas udara secara signifikan akibat berhentinya kegiatan transportasi dan industri pabrik di berbagai wilayah akibat lockdown.

Dilansir dari The Independent, indeks kualitas udara di India pun diketahui meningkat sebanyak 33 persen antara tanggal 16 - 27 Maret.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest