Follow Us

Banyak yang Belum Tau, Kuda Ternyata Bisa Punya Kumis Kayak Manusia Lho!

Ricky Nugraha - Senin, 30 Maret 2020 | 06:32
Kumis pada kuda
Reddit/Horse and Hound

Kumis pada kuda

HAI-online.com - Sejumlah hewan memang dikenal memiliki kumis, seperti kucing, anjing, harimau dan beberapa jenis hewan lainnya.

Kumis pada hewan-hewan itu umumnya punya bentuk yang sama, yaitu cuma lurus, nggak kayak kumis pada manusia yang bisa dibentuk-bentuk.

Namun, sepertinya banyak yang belum tau kalau kuda juga punya kumis yang bisa tumbuh dan dibentuk-bentuk seperti kumis pada manusia.

Beberapa tahun lalu, foto-foto kuda dengan kumis tersebut sempat viral di internet, dan disebut bahwa cuma kuda jenis Gypsy Vanner yang memiliki kelebihan itu. Ternyata, jenis kuda itu bukanlah satu-satunya.

Baca Juga: Anjing-anjing Terlatih Ini Bisa Mendeteksi Orang dengan Covid-19

Menurut Gypsy Vanner Horse Society, asal ras itu adalah campuran dari Shires, Clydesdales, dan genetika British Pony, ras yang dapat menumbuhkan kumis baik pada mereka sendiri, atau dalam campuran.

Misalnya, Alfie, campuran Shire dari Inggris, yang diklaim pernah memiliki kumis kuda terpanjang.

Pada dasarnya, kumis bisa tumbuh pada kuda mana pun yang membawa gen yang tepat, baik itu jantan atau betina. Namun, sifat ini umumnya ada pada ras kuda yang dikenal akan rambutnya yang lebat.

“Rambut adalah gen aditif atau kumulatif yang resesif. Untuk mempertahankan atau menambah rambut, persilangan adalah hal yang terpenting!” ujar Blanche Kohl dari Parrett Mountain Gypsies kepada IHeartHorses.

Baca Juga: Nggak Cuma Cegah Penyebaran Virus Corona, Isolasi Bikin Polusi di Kota-kota Besar Dunia Menurun

"Gen ini yang bertanggung jawab menumbuhkan kumis, jenggot, rambut leher, ekor tebal yang rimbun, rambut perut dan tentu saja bulu halus di tubuhnya!"

Source : Oddity Central

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest