Follow Us

Bedanya Batuk Virus Corona dan Batuk Flu Biasa Dilihat dari Gejalanya

Ricky Nugraha - Selasa, 24 Maret 2020 | 17:01
Ilustrasi batuk
iStockphoto

Ilustrasi batuk

HAI-online.com - Di tengah wabah virus corona penyebab Covid-19 seperti saat ini, penting mengetahui gejala-gejala virus corona, yang salah satunya adalah batuk.

Sebenarnya, batuk yang menunjukkan gejala Covid-19 dan batuk biasa memiliki perbedaan yang bisa diamati.

Dikutip dari Medical News Today, batuk yang terjadi pada penderita Covid-19 dan flu/batuk biasa sama-sama terjadi di waktu yang cukup sering, sepanjang mereka sakit. Tingkatannya, mulai dari batuk ringan hingga sedang.

Baca Juga: Tetap Bugar Saat Jalani Isolasi Diri, Pria Ini Lari Sejauh 42 Km di Balkon Kamar Apartemennya

Flu atau batuk biasa

Batuk yang terjadi pada orang yang menderita influenza, menutur Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sering kali terjadi secara tiba-tiba dan penderita akan sembuh dalam waktu relatif singkat, kurang dari 2 minggu.

Selain itu, batuk yang terjadi pada orang yang menderita flu akan disertai dengan pilek dan bersin-bersin, sebagaimana dituliskan dalam artikel Business Insider.

Sedangkan penderita Covid-19 nggak mengalami itu. Jadi, jika seseorang menunjukkan batuk yang disertai dengan pilek dan sebelum batuk dimulai dengan fase bersin, dimungkinkan ia terkena flu biasa.

Baca Juga: Penyuka Keramaian Bisa Kena Hukuman 1 Tahun Penjara Jika Melanggar Maklumat Polisi!

Covid-19

Dilansir dari The Sun, Direktur Klinis dari Patientaccess.com, Dr Sarah Jarvis menjelaskan, batuk merupakan ciri dari gejala terinfeksi virus corona jenis baru yang sudah bisa diketahui.

Source : Business Insider, The Sun

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest