Follow Us

Sudah Bisa Diakses Masyarakat, Begini Cara Akses Chatbot WhatsApp Covid-19 dari Pemerintah

Bayu Galih Permana - Jumat, 20 Maret 2020 | 12:41
Ilustrasi WhatsApp
PIXABAY/RIOMARBRUNO

Ilustrasi WhatsApp

HAI-Online.com - Guna memberikan perkembangan soal pandemi virus corona di Indonesia kepada masyarakat, pemerintah resmi meluncurkan akun chatbot Covid-19 pada Jumat (20/3) ini.

Kepastian ini sendiri didapatkan melalui pernyataan yang disampaikan oleh Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ahmad M. Ramli ketika dihubungi melalui sambungan telepon.

"Sudah (bisa diakses masyarakat)," ujar Ramli seperti dikutip HAI dari Kompas Tekno.

Masyarakat bisa mengakses chatbot dengan menyimpan nomor +62811-3339-9000 atau cukup dengan meng-klik tautan berikut ini.

Baca Juga: Kosong Melompong Bagai Kota Hantu, Begini Penampakan Budapest selama Karantina Virus Corona

Di bawah nama kontak akan tertera "COVID19.GO.ID" dengan lencana hijau di samping, menandakan bahwa akun tersebut terverfikasi.

Setelah ruang obrolan terbuka, kirim pesan sapaan seperti "halo" atau "hai", untuk mendapatkan respons sebelum kemudian mengikuti pentunjuk untuk mengetahui informasi apa yang diinginkan.

Ketersediaan chatbot Covid-19 ini lebih cepat dari waktu yang disebutkan Menkominfo ,yang rencananya baru bisa diakses publik secara resmi pada Jumat sore atau malam hari.

"Semalam itu kita trial (uji coba), kemudian stress test. Masih ada masalah minor-minor, kami betulkan, tapi sekarang sudah oke," jelas Ramli.

Baca Juga: Kembali dari Wuhan, Kota di China Tampilkan Sosok Para Pahlawan Medis di Gedung-gedung Bertingkat

Ramli mengatakan pembukaan akses chatbot ini dipercepat karena kebutuhan akan informasi resmi soal COVID-19 kian masif di masyarakat.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest