Follow Us

Pelaksanaan UN SMA dan SMK di Jakarta Ditunda Demi Cegah Virus Corona

Ricky Nugraha - Sabtu, 14 Maret 2020 | 15:44
Ilustrasi siswi yang mengikuti UNBK
Kompas.com

Ilustrasi siswi yang mengikuti UNBK

HAI-online.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memutuskan untuk menutup semua sekolah selama 2 minggu mulai Senin (16/3/20).

Bersamaan dengan itu, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dan SMK di Jakarta pun ikut ditunda.

"Pemprov DKI memutuskan untuk menutup semua sekolah di lingkungan Jakarta. Dan bagi peserta UNBK yang akan berlangsung Senin besok itu juga ditunda," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan seperti dikutip dari Kompas.com.

Dijelaskan bahwa penutupan dan penundaan UNBK akan berlangsung sampai situasi dan kondisi mengenai penyebaran virus corona di Jakarta mereda.

Baca Juga: Gubernur Jakarta Liburkan Semua Sekolah Di DKI Jakarta Selama 2 Minggu

Gubernur juga mengatakan keputusan tersebut diambil setelah merujuk pada kajian yang menunjukkan bahwa anak-anak tidak banyak terjangkit Covid-19, namun mereka dinilai menjadi penghantar penularan.

"Jadi meskipun angkanya kecil tapi mereka bisa menularkan dari satu pribadi ke pribadi yang lainnya. Karena kegiatan belajar mengajar turut melibatkan orang dewasa baik mengantar maupun menjemput itu potensi peningkatan," katanya.Selain meliburkan sekolah dan menunda UNBK, kegiatan kursus pendidikan formal maupun nonformal juga diliburkan guna menghindari penularan virus corona.

"Ada kursus pendidikan informal dan formal untuk menunda kegiatan belajar mengajar secara langsung. Itu juga harus dilakukan dengan jarak jauh untuk mengurangi terjadinya penularan," tutupnya.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest