Follow Us

Bisa Sambil Rebahan, Google Assistant Udah Bisa Bantuin Baca untuk Kamu

Hai Online - Jumat, 06 Maret 2020 | 16:15
aplikasi google assistant kini hadir dengan fitur baru
teknokompas.com

aplikasi google assistant kini hadir dengan fitur baru

Hai-Online.com - Pada event Consumer Electronics Show (CES) 2020, Google memperkenalkan kemampuan baru Google Assistant.

Kemampuan baru si asisten virtual itu adalah membacakan isi keseluruhan website untuk pengguna.

Akhirnya fitur bernama "Read it" tersebut resmi digulirkan pekan ini. Read it akan hadir di semua perangkat Android dengan OS Android versi 5 atau yang lebih baru.

Penyalurannya dilakukan secara bertahap. "Read it adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna mendengarkan halaman situs web menggunakan text-to-speech," jelas David Kadouch, Product Lead Google dalam video peluncuran fitur Read It.

Text-to-speech, menurut Kadouch, sekarang dibuat lebih canggih dan terdengar lebih natural, alih-alih terdengar kaku seperti suara robot.

Baca Juga: Lagi Kesepian dan Bad Mood? Manfaatin Google Assistant Buat Teman Ngobrol

Dikutip dari KompasTekno melalui blog Google pada Jumat (6/3/2020), untuk mendukung fitur Read It, Google menggunakan tool bernama Neural Network, yakni teknologi machine learning untuk membacakan teks dengan format halaman panjang.

Agar terdengar lebih seperti manusia, machine learning ini menitik beratkan pada penekanan, intonasi, dan ritme saat membaca teks.

Pengguna bisa membaca website yang dibuka melalui browser Chrome, Google App, atau Google News App.

Fitur Read It bisa membacakan teks dalam 42 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Pengguna juga bisa menggunakan opsi "translate" untuk menterjemahkan teks di website sebelum mendengarkan. (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Google Assistant Kini Bisa Bacakan Isi Website dalam Bahasa Indonesia"

Penulis : Sesa Salsabila

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular