Follow Us

Biar Nggak Gampang Rusak, Ini Cara Benar Bersihkan Earphone TWS

Dio Firdaus - Jumat, 21 Februari 2020 | 17:31
Sensor I12 TWS di sebelah kanan.

Sensor I12 TWS di sebelah kanan.

HAI-ONLINE.COM - Zaman sekarang sudah banyak orang yang lebih memilih earphone nirkabel seperti True Wireless Stereo atau lebih dikenal dengan TWS ketimbang menggunakan earphone dengan kabel.

Alasannya satu, lebih simpel dan nggak ribet. Karena nggak pakai kabel, jadi kita lebih bebas bergerak saat mendengarkan lagu sendirian. Suaranya pun nggak kalah bagus dengan yang kabel kok.

Tapi eh tapi, TWS juga nggak lepas dari perawatan agar nggak cepat rusak sob. Paling utama sih pembersihan, dan untuk membersihkan earphone TWS pun ada cara khususnya lho.

Pertama dan paling penting pastikan dulu earphone TWS kamu nggak aktif tau nggak nyambung dengan ponsel kamu. Setelah itu lihat dulu di mana letak kotoran dan seberapa kotor earphone TWS kamu.

Perlu diingat nih sob. Meskipun beberapa earphone TWS punya kemampuan tahan air, tapi jangan pernah mencelupkan ke air untuk membersihkannya ya. Lebih baik kamu mengusap dengan kain lembut yang ditetesi alkohol atau air dan sabut.

Baca Juga: File 'Final Fantasy VII Remake' Bikin PS4 Jadul Nggak Ada Apa-Apanya

Kalau kain lembut nggak ada, sikat gigi dan kapas juga bisa sebagai penggantinya kok. Tapi kalau kapas jangan sampai nyangkut ya!

Untuk tekniknya, kamu cukup menykat dengan lembut dalam gerakan melingkar dan jangan ditekan terlalu keras.

Jika terlalu keras, bisa-bisa ktooran masuk ke dalam speaker dan jadi lebih susah untuk dibersihkan, sebagaimana HAI himpun dari KompasTekno.

Kalau TWS kamu nggak punya eartips -bantalan silicon, seperti AirPods, kamu harus menghindari penggunaan sabun, sampo atau bahan pembersih lainnya. Cukup mengusapkan dengan kain lembut dan bersih.

Nah, sekarang udah tau kan sob cara membersihkan earphone TWS yang baik dan benar. Langsung aja deh dilakuin sob, sebelum kotor dan rusak nantinya. (*)

Source : kompastekno

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular