Follow Us

Sering Pakai Earphone dalam Waktu Lama, Telinga Cewek Ini Mendadak Jadi Tuli

Bayu Galih Permana - Kamis, 06 Februari 2020 | 15:00
Ilustrasi earphon
PIXABAY/SKITTERPHOTO

Ilustrasi earphon

HAI-Online.com - Seorang cewek asal Taiwan, Xiao Jing baru-baru ini harus kehilangan indera pendengaran akibat kebiasaan buruknya yang kerap kali menggunakan earphone dalam waktu lama.

Seperti dilansir HAI dari World of Buzz, semua bermula ketika cewek berusia 28 tahun tersebut menghabiskan waktu untuk menonton drama untuk menghilangkan rasa lelah dan stres setelah seharian bekerja.

Ketika menghabiskan waktunya untuk menonton drama, Jing seringkali menggunakan earphone supaya lebih jelas dan nggak terganggu dengan suara di sekitar.

Terus melakukan kebiasaan tersebut dalam kurun waktu satu bulan, Jing tiba-tiba merasa ada sesuatu yang janggal setelah earphone bagian kirinya nggak mengeluarkan suara.

Baca Juga: Seekor Babun Tertangkap Kamera Gendong Anak Singa Seperti Adegan 'The Lion King'

Mengira ada kerusakan, Jing pun kemudian menggantinya dengan menggunakan earphone lain, namun tetap saja mengalami masalah serupa.

Hingga kemudian, dia memutuskan untuk pergi ke dokter setelah menyadari bahwa hal tersebut terjadi bukan karena earphone yang rusak, melainkan masalah ada pada telinga kirinya.

Setelah menjalani pemeriksaan, dokter mengatakan bahwa Jing terdiagnosa mengalami Suden Sensorineural Hearing Loss (SSHL) atau lebih dikenal dengan tuli mendadak.

Meskipun begitu, dokter sendiri mengatakan bahwa Jing beruntung datang ke rumah sakit di saat tepat karena jika terlambat, dia mungkin akan kehilangan pendengaran telinga kiri untuk selama-lamanya.

Baca Juga: Kapas Tertinggal dalam Telinga, Cowok Ini Hampir Kehilangan Pendengarannya

Usai menjalani pengobatan dengan steroid dan terapi hyperbaric oxygen (HBOT), pendengaran di telinga kiri Jing kembali sebanyak 80 persen sehingga dia dapat kembali menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Untung datang di saat yang tepat ya! Kalau kalian sendiri gimana, ada yang pendengarannya bermasalah juga karena keseringan pake earphone nggak nih? (*)

Source : World of Buzz

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest