Follow Us

Banyak yang Belum Tahu, Ini Nama dan Fungsi Lekukan di Antara Hidung dan Bibir

Ricky Nugraha - Sabtu, 15 Februari 2020 | 15:15
Ilustrasi lekukan di bawah hidung
Pexels/Min An

Ilustrasi lekukan di bawah hidung

HAI-online.com - Ada banyak bagian pada tubuh manusia yang mungkin kalian belum tahu namanya. Salah satunya adalah bagian lekukan di atas bibir ini.

Lekukan vertikal yang tampak menghubungkan bagian hidung dan bibir atas ini secara teknis dikenal sebagai philtrum atau filtrum, atau disebut juga oreng. Selain manusia, semua mamalia juga memilikinya.

Dilansir IFL Science, philtrum atau filtrum sama seperti hidung, mata, dan organ tubuh lain yang terbentuk di dalam rahim selama masa perkembangan.

Philtrum merupakan tanda di mana lokasi bagian-bagian wajah yang berbeda bergabung menjadi satu.

Baca Juga: Pernah Ngerasa Terjatuh Saat Tidur? Ternyata Begini Penjelasannya

Filtrum pada kebanyakan mamalia adalah alur sempit yang mampu membawa uap air dari mulut ke rhinarium atau bantalan hidung melalui kapiler untuk menjaga hidung agar tetap basah.

Bantalan hidung yang basah mampu memerangkap partikel bau dengan lebih baik dibandingkan jika dalam kondisi kering, sehingga membantu dalam meningkatkan fungsi penciuman.

Pada manusia dan kebanyakan primata, filtrum terletak memanjang di antara hidung dan bibir atas.

Pada manusia, filtrum terbentuk di tempat proses nasomedial dan maksilari bertemu saat berlangsungnya perkembangan embrionik (bahasa sehari-hari dikenal sebagai garis hulse).

Baca Juga: Jangan Buru-buru Bunuh Kelabang yang Ada di Rumah, Tenyata Ada Manfaatnya Lho

Jika proses ini gagal, maka akan terbentuk bibir sumbing (kadang disebut "bibir kelinci"). Filtrum yang bentuknya rata dan halus bisa jadi merupakan gejala sindrom alkohol fetal atau sindrom Prader–Willi. (*)

Source : Kompas.com, IFL Science

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest