Follow Us

13 Februari, 50 Tahun Lalu, Heavy Metal Dilahirkan Black Sabbath

HAI Internship - Kamis, 13 Februari 2020 | 14:30
Black Sabbath, 1970: Bill Ward, Tony Iommi, Ozzy Osbourne, Geezer Butler in , (Photo by Chris Walter/WireImage)
WireImage

Black Sabbath, 1970: Bill Ward, Tony Iommi, Ozzy Osbourne, Geezer Butler in , (Photo by Chris Walter/WireImage)

HAI-Online.com - Hari ini, 13 Februari dirayakan sebagai kelahiran heavy metal. Tentu aja yang melahirkannya adalah kuartet dari Inggris bernama Black Sabbath.

Tepatnya 50 tahun lalu, pada 1970, empat cowok dari Birmingham: Ozzy Osbourne, Tony Iommi, Bill Ward dan Geezer Butler merilis debut album mereka dan menciptakan apa yang kemudian dikenal sebagai ‘heavy metal’.

“Kami dulu berlatih di seberang jalan sebuah bioskop, dan Tony berkata, ‘Aneh nggak sih orang-orang ngeluarin uang buat ditakut-takutin di bioskop? Kenapa kita nggak mulai buat musik yang juga nakutin juga?' Semangat kita berasal dari itu,” kenang Ozzy.

Baca Juga: The Strokes Rilis Single Pertama dari Album Barunya yang Bertajuk 'The New Abnormal'

Ketika album debut mereka, Black Sabbath, menghantam toko musik di Februari 1970, tepat pada hari Jumat tanggal 13, cover dan suara dari album tersebut ngasih kita petunjuk awal dari "heavy metal."

Cover album Black Sabbath

Cover album Black Sabbath

Momen itu bisa dibilang menandai perubahan paradigma di dunia musik, sekaligus ngasih tau kalo Sabbath adalah band yang lebih ‘heavy’ dari band-band di zamannya kayak Led Zeppelin, Deep Purple, dan Uriah Heep.

Istilah ‘heavy metal’ ini memasuki kosa kata populer untuk menggambarkan cabang rock yang lebih padat dan lebih bergemuruh.

Baca Juga: 7 Band Dunia yang Terbentuk dari Masa Sekolah Sampai Sekarang

Jujur aja, sampai sekarang Black Sabbath masih terdengar unik. Ada yang pernah bilang, kalo makhluk dari planet Mars mendarat di Bumi dan nanya, "Apasih heavy metal?" jawaban terbaik adalah mainin lagu Black Sabbath. Setuju?

Penulis: Rifqy Amin

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest