Follow Us

5 Penyebab Cewek Punya Usia Lebih Panjang Dibanding Cowok

Alvin Bahar - Sabtu, 04 Januari 2020 | 17:00
Kenapa cewek hidup lebih lama dari cowok?
justsomething.co

Kenapa cewek hidup lebih lama dari cowok?

HAI-ONLINE.COM - Nggak ada yang tau secara pasti panjang umur seseorang. Cewek atau cowok, tua atau muda, umur seseorang adalah rahasia kehidupan yang nggak satu pun orang yang tau secara pasti. Akan tetapi menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat, mengatakan bahwa seorang cewek rata-rata memiliki umur 5-7 tahun lebih panjang dari cowok. Kok bisa ya?

Ada berbagai faktor yang ikut mempengaruhi, salah satunya adalah asumsi bahwa cowok cenderung lebih menyukai kegiatan yang berbahaya dan berisiko daripada cewek. Nggak hanya itu aja, seperti dikutip dari About.com, setidaknya ada lima hal yang diperkirakan ikut memengaruhi hal ini.

Baca Juga: 7 Channel YouTube yang Mengangkat Isu Sosial dan Keberagaman Dengan Cara Seru!

Faktor Genetik

Genetik adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi hal ini. Cewek cenderung berumur lebih panjang salah satunya juga karena gen yang dimiliki. Peneliti meyakini bahwa mutasi gen pada mitokondria cewek yang lebih besar sehingga energi yang diperlukan sel-sel buat berfungsi menjadi lebih baik.

Kecuali sel darah, semua sel dalam tubuh manusia memiliki mitokondria. Dalam proses reproduksi, keturunan menerima gen dari ayah dan ibu, Akan tetapi khusus buat DNA mitkondria hanya diteruskan melalui ibu. Mutasi gen tersebut terus dipantau sehingga gen-gen yang diturubkan adalah gen yang baik dan menguntungkan.

Sedangkan mutasi gen mitokondria pada cowok jauh berbeda dengan milik cewek. Itulah yang menyebabkan gen cewek mempengaruhi usia yang dimiliki.

Mutasi Gen Seksual

Mutasi di sini bukan berarti mutasi kayak mutan di film X-Men lho ya. Mutasi dalam hal ini lebih ke mutasi gen dalam kromosom, yang juga mempengaruhi angka harapan hidup seseorang. sel-sel diproduksi oleh kelenjar reporduksi mengandung kromosom X dan Y. Faktanya cewek memiliki dua kromosom X sedangkan laki-laki hanya memiliki satu kromosm X.

Mutasi gen pada kromosm X ini bisa mengakibatkan penyakiy tang menyebabkan kematian dini. Namun, karena cewek punya dua kromosom X, mutasi gen pada satu kromosm X lainnya bisa menutupi ancaman penyakit yang mematikan.

Hormon

Perbedaan lainnya adalah kelenjar reproduksi yang memiliki pengaruh dalam proses hormone seksual. Hormon testosterone cowok bisa meningkatkan level kolesterol jahat alias Low-Density Cholesterol (LDL) yang bisa meningkatkan resiko jantung dan stroke.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest