Follow Us

Facebook Aktifkan Fitur Safety Check untuk Banjir di Jabodetabek, Begini Cara Kerjanya

Bayu Galih Permana - Kamis, 02 Januari 2020 | 10:26
Fitur Safety Check yang ada di Facebook.
HAI

Fitur Safety Check yang ada di Facebook.

HAI-Online.com - Sejumlah kawasan di Provinsi DKI Jakarta hingga kini (2/1) masih tergenang banjir akibat hujan yang terus mengguyur sejak malam pergantian tahun 2019, Facebook kembali mengaktifkan fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan.

Seperti dilansir HAI dari Kompas Tekno, Safety Check untuk bencana banjir wilayah Jabodetabek mulai muncul di linimasa Facebook pada Rabu (1/1) pagi, dan masih terus aktif hingga hari ini.

Pada halaman tersebut, Facebook mencatat bahwa wilayah yang terkena dampak banjir di Jakarta antara lain Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Gedong, Jakarta Timur, Kelapa Molek, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Jalan Bambu Kuning di Cengkareng Barat, dan Jakarta Barat.

"Berbagai sumber melaporkan bahwa hujan deras telah menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Jakarta. Tidak ada laporan rinci mengenai jumlah korban dan jumlah rumah yang telah terkena dampak banjir," tulis Facebook.

Baca Juga: Terima Laporan Pelanggaran Nilai dan Norma, Pemprov DKI Jakarta Nggak Beri Izin DWP Digelar Tahun Ini

Buat kalian yang belum tahu, fitur Safety Check merupakan salah satu cara bagi para pengguna Facebook untuk mengabarkan bahwa diri mereka sedang dalam keadaan aman, dan biasanya diaktifkan ketika krisis ataupun bencana terjadi.

Untuk melaporkan kondisi dirinya atau mengecek kondisi kelurga maupun teman yang berada di lokasi terdampak, pengguna Facebook bisa langsung menuju tautan ini.

Fitur Safety Check yang ada di Facebook.
HAI

Fitur Safety Check yang ada di Facebook.

Daftar teman yang berada di lokasi terdampak bencana bisa dilihat pada bagian "friends in area" yang terdapat di sisi kiri.

Baca Juga: Viral Video Mobil BMW di BSD Hanyut Terbawa Banjir, Berhasil Selamat setelah Nyangkut di Pohon

Apabila mereka telah menandai diri aman, maka keluarga maupun teman di lokasi terdampak akan ditampilkan pada bagian "Safe", dan jika belum maka tampilannya akan berupa teks hitam dengan tulisan "Not marked safe yet".

Buruan langsung dicek sob! Siapa tau ada keluarga dan teman kalian di lokasi terdampak banjir yang saat ini membutuhkan bantuan. (*)

Source : Facebook, Kompas Tekno

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest