Follow Us

Sering Dikira Sama, Santa Claus dan Sinterklas Ternyata Merupakan Orang yang Berbeda

Bayu Galih Permana - Rabu, 25 Desember 2019 | 16:25
Santa Claus
PIXABAY/FREE-PHOTOS

Santa Claus

HAI-Online.com - Selama ini, sebagian besar dari kita banyak yang mengira bahwa Santa Claus dan Sinterklas merupakan sosok yang sama dan hanya berbeda di cara pengucapan aja.

Padahal, Santa Claus maupun Sinterklas sendiri sebenarnya merupakan sosok yang berbeda dan nggak berhubungan satu sama lain.

Baca Juga: Potret Indah Toleransi, Anak Muda Lintas Agama Saling Bantu Amankan Misa Natal di Timika

Sinterklas

Dalam jurnal International Journal of Heritage Studies, disebutkan bahwa Sinterklas terilhami dari Saint Nicolas, seorang uskup asal Myra yang hidup sekitar abad ke-3 Masehi, di mana dia memiliki sikap dermawan dan suka berbagi kepada orang-orang miskin.

Sinterklas
via Topsitters

Sinterklas

Dari situ, Sinterklas kemudian digambarkan layaknya uskup, lengkap dengan jubah keuskupan, topi mitre, serta tongkat gembala yang melingkar pada bagian atasnya.

Baca Juga: Creepy Abis, 10 Potret Santa Claus Zaman Dulu Ini Bisa Bikin Tidur Jadi Nggak Nyenyak

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, masyarakat Belanda menceritakan bahwa Sinterklas adalah sosok dengan rambut gondrong dan janggur berwarna putih yang berasal dari Spanyol.

Setiap menjelang natal, Sinterklas selalu berkelana mengunjungi satu rumah ke rumah lain untuk membagikan hadiah kepada anak-anak pada 5 Desember bersama Zwarte Piet atau lebih dikenal dengan sebutan Piet Hitam.

Santa Claus

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest