Follow Us

Peringatan! Film Star Wars: The Rise of Skywalker Bisa Picu Kejang, Ini Kata Disney

Ricky Nugraha - Kamis, 12 Desember 2019 | 20:45
Star Wars: The Rise of Skywalker
Disney; Lucasfilm

Star Wars: The Rise of Skywalker

HAI-online.com - Walt Disney Studios telah mengeluarkan peringatan bahwa film 'Star Wars: The Rise of Skywalker' bisa memicu kejang pada orang yang memiliki epilepsi dan rentan dengan kilatan cahaya.

Seperti yang dilaporkan oleh Variety, Disney juga telah menjalin kerja sama dengan Epilepsy Foundation untuk mempromosikan peringatan ini.

Mereka juga memberikan tips bagaimana para penggemar supaya tetap bisa menikmati film yang mengandung beberapa adegan dengan kilatan cahaya tersebut.

Buat yang mau nonton dan memiliki gangguan saraf tersebut, berikut rekomendasi yang dikeluarkan untuk melakukan tindakan pencegahan:

Baca Juga: Sutradara dan Pemainnya Kumpul, Petualangan Sherina 2 Bakal Digarap?

  • Minta teman untuk menonton film terlebih dahulu.
  • Ajak teman nonton lagi untuk memberi tahu adegan mana yang mengandung kilatan cahaya itu sehingga bisa dihindari untuk melihat adegan itu.
  • Ajari teman tiga langkah sederhana pertolongan pertama pada kejang - Stay, Safe, Side - sehingga bisa membantu jika mengalami kejang.
Menurut CNN, Disney nggak menjelaskan tentang bagaimana pemakaian efek itu, atau di adegan mana akan muncul untuk mencegah bocornya plot alias spoiler.

Disney juga menyarankan agar bioskop memasang tanda untuk memperingatkan penonton tentang risiko tersebut sebelum melihat akhir kisah saga Skywalker itu pada 16 Desember 2019 mendatang.

Ini bukanlah kali pertama dilakukan Disney. Pada tahun 2018 lalu, film Incredibles 2 juga mengandung adegan dengan kilatan cahaya yang bisa memicu kejang bagi penderita epilepsi.

Baca Juga: Quentin Tarantino Ungkap Peluang Garap Film Kill Bill Vol. 3

Film tersebut lalu di-edit dengan mengurangi beberapa adegan yang mengandung kilatan cahaya seperti yang dimaksud.

Source : Mothership.sg

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest