Follow Us

Dua Kondisi yang Ternyata Bikin Tanaman Berteriak Dijelaskan Periset

Bayu Galih Permana - Kamis, 12 Desember 2019 | 13:50
Batang yang dipotong menjadi salah satu penyebab tanaman berteriak.
PIXABAY/ERICH_RG

Batang yang dipotong menjadi salah satu penyebab tanaman berteriak.

HAI-Online.com - Sebagian besar dari kita tahu, hampir semua tanaman yang ada di dunia ini nggak bisa melakukan aktivitas maupun mengeluarkan suara seperti halnya yang dilakukan oleh makhluk hidup lain.

Menariknya, kelompok peneliti dari Universitas Tel Aviv, Israel baru-baru ini berhasil mendapati temuan bahwa tanaman sebenarnya dapat berteriak seperti hewan ataupun manusia.

Seperti dilansir HAI dari Boredpanda, temuan soal berteriaknya makhluk hidup satu ini didapatkan oleh para peneliti setelah mereka melakukan penelitian terhadap tanaman tomat dan tembakau.

Menggunakan microphone yang dipasang dengan jarak 10 cm dari kedua tanaman tersebut, para peneliti kemudian melakukan pemotongan terhadap bagian batang.

Baca Juga: Rumah Anti Ninu Ninu Ditjen Pajak: Luarnya Seng Berkarat, Dalemnya Ternyata Mewah

Selain itu, para peneliti juga sengaja nggak menyirami tanaman-tanaman tersebut agar mereka nggak mendapatkan pasokan makanan.

Hasilnya, kedua tanaman tersebut mulai berteriak, di mana suara mereka terdengar pada rentang frekuensi 20 dan 100 kilohertz.

Hasil penelitian para peneliti di Universitas Tel Aviv terkait tanaman yang dapat berteriak.
via World of Buzz

Hasil penelitian para peneliti di Universitas Tel Aviv terkait tanaman yang dapat berteriak.

Ketika batang dipotong, tanaman tomat tercatat 25 kali mengeluarkan suara teriakan, sedangkan tembakau sendiri hanya melakukannya sebanyak 15 kali saja.

Sementara itu, tanaman tomat sendiri dilaporkan berteriak sebanyak 35 kali ketika nggak diberi air, di mana tembakau tercatat juga melakukannya hingga 11 kali.

Baca Juga: Jadi Korban Prank, Driver Ojek Online di Manado Hadiahi YouTuber Ini Bogem Mentah

Para peneliti yakin, teriakan tersebut muncul karena tanaman mengalami stres, sekaligus menjadi tanda peringatan untuk tanaman-tanaman lain di sekitar mereka.

Kalau menurut kalian sendiri gimana sob? Kira-kira seperti apa ya bunyi teriakan tanaman apabila terdengar di telinga kita? (*)

Source : World of Buzz

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest