Follow Us

Garis Hitam Pada Kuku Bisa Jadi Tanda Adanya Penyakit Mematikan

Bayu Galih Permana - Senin, 29 Mei 2023 | 10:58
Garis hitam di bawah kuku.
via Mumsnet

Garis hitam di bawah kuku.

HAI-Online.com - Di antara kalian ada yang punya tanda garis hitam pada kuku nggak nih sob? Kalau iya, segera aja pergi ke dokter karena hal tersebut ternyata bisa menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya dalam tubuh.

Seperti yang dilansir HAI dari US Dermatology Partners, adanya tanda hitam di bawah kuku dapat menjadi bahwa seseorang terkena kanker kulit.

Fakta ini sendiri dibagikan oleh ahli perawatan kuku, Jean Skinner yang mendapati adanya garis hitam pada kuku salah seorang klien.

Awalnya si klien mengira garis hitam tersebut hanya tanda keturunan, namun Skinner kemudian meminta dia untuk pergi ke rumah sakit karena merasa tanda itu nggak wajar.

Baca Juga: Dihargai Sampai Rp 637 Miliar, Desain 8 Rumah Lucu Ini Dibuat dari Gambar Anak Kecil

Benar saja, beberapa minggu kemudian, klien tersebut menghubungi Skinner dan mengatakan bahwa garis hitam di bawah jarinya merupakan pertanda bahwa dia terkena melanoma (kanker kulit) agresif.

Bahkan, klien tersebut menjelaskan, kanker kulit tersebut sangatlah agresif dan telah menyebar ke kelenjar getah bening.

Garis hitam di bawah kuku.
FACEBOOK/LISA HARRISON WILLIAMS

Garis hitam di bawah kuku.

Menurut sebuah studi di Dermatologic Surgery, 2,5 persen dari semua kasus melanoma dialami oleh individu yang memiliki kulit putih, 35 persen kasus melanoma dialami orang berkulit gelap, dan sekitar setengah kasus melanoma dialami oleh orang-orang Asia.

Waduh, ngeri juga ya sob! Buat kalian yang punya garis hitam di bawah kuku, buruan gih pergi ke dokter sebelum semuanya terlambat. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Abaikan Garis Hitam di Kuku".

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest