Follow Us

Nadiem Makarim Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh versi TIME

HAI Internship - Selasa, 19 November 2019 | 13:00
Nadiem Makarim masuk dalam daftar 100 orang paling berpegaruh di masa depan versi Majalah Time
capture time.com

Nadiem Makarim masuk dalam daftar 100 orang paling berpegaruh di masa depan versi Majalah Time

HAI-Online.com - Majalah Time baru saja merilis “100 Next 2019” atau daftar 100 orang yang paling berpengaruh di masa depan. Menariknya, nama Nadiem Makarim hadir di antara nama-nama besar lainnya pada daftar tersebut.

Nadiem yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, masuk dalam kategori “Leaders” alias pemimpin bersama Dewan Perwakilan Amerika Serikat Dan Crenshaw, Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado Quesada, Menteri Lingkungan Hidup Jepang Shinjiro Koizumi, dan 17 pemimpin lainnya.

Menariknya, Nadiem merupakan satu-satunya tokoh asal Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar bergengsi tersebut.

Baca Juga: Bocoran Harga Tiket MotoGP Indonesia 2021 di Lombok, Mahal atau Murah Menurut Lo?

Seperti yang dikutip dari Time, Nadiem dideskripsikan sebagai sosok pegusaha muda, pendiri Go-Jek yang baru saja terpilih menjadi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo.

Menurut Wakil Direktur Center for Strategic and International Studies, Brian Harding, Nadiem dianggap dapat memajukan generasi muda melalui sistem pendidikan untuk membawa Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar ke-16 di dunia.

“Makarim akan membawa semangat pemuda dan kemampuan kewirausahannya ke dalam kabinet,” ungkapnya.

Nggak hanya yang berpengaruh dalam pemerintahan, “100 Next 2019” juga berisi orang-orang yang dapat berkontribusi membentuk masa depan dari berbagai bidang seperti bisnis, olahraga, pengetahuan, kesehatan, hingga hiburan.

Baca Juga: Negara Ini Berantas Kebakaran Hutan Pakai Kambing. Emang Bisa?

Beberapa sosok populer yang juga masuk dalam daftar tersebut di antaranya ada Billie Eilish dan Camila Cabelo dalam kategori Artist, dan girlband Blackpink dalam kategori Phenom.

Dalam menentukan deretan tokoh yang bisa masuk dalam daftar tersebut, kini Time menggunakan cara yang lebih fleksibel alias nggak terpaku sama sosok-sosok yang memimpim di perusahaan besar atau semacamnya.

Dengan media sosial, nama-nama baru yang punya pengaruh besar walaupun nggak berafiliasi pada suatu institusi tertentu, juga bisa masuk dalam daftar. Karena itu, banyak tokoh-tokoh yang saat ini masuk dalam “100 Next 2019” tergolong masih muda.

Nadiem sendiri kini masih berusia 35 tahun dan tercatat sebagai menteri termuda di Indonesia saat ini.

(Lubna Shafira/HAI)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular