Follow Us

20 Tahun Debut Album Sheila On 7: Kirim Demo ke Jakarta, Eross Malah Nyasar ke Pabrik di Tangerang

Alvin Bahar - Senin, 18 November 2019 | 16:00
Sheila On 7, 2002.
Firdaus Fadlil/HAI

Sheila On 7, 2002.

HAI-ONLINE.COM - 2019 adalah tahun monumental buat Sheila on 7. Tahun ini menandai 20 tahun dirilisnya album pertama mereka, yang berjudul Sheila On 7 (self titled). Album ini terjual mencapai 1,5 juta keping termasuk dari beberapa negara tetangga. Kesuksesan tersebut seakan membayar lunas perjuangan SO7 buat jadi “pegawai band”.Formasi SO7 saat itu adalah Duta (vokal), Eross (gitar), Sakti (gitar, Adam (bas) dan Anton (drum)"Awalnya kita cuma ngeband tanpa arah, mainnya juga masih ancur-ancuran," kisah Eross tentang sejarah lahirnya Sheila On 7, awal 1996.

Baca Juga: Kenapa Sih Orang Pake Baju Band Padahal Nggak Dengerin Musiknya?Bukan tanpa arah mungkin, tapi berani. Di saat banyak anak Yogya asik dengan punk dan ska, SO7 malah bikin lagu-lagu pop alternatif. Toh, ujung-ujungnya ini memang langkah tepat. Terutama ketika mereka mulai ikutan festival musik"Tapi kayaknya sih banyak menangnya," ujar Duta, yang nggak inget berapa kali Sheila On 7 jadi jawara festival, saking seringnya. Lantaran sering menang, nama Sheila On 7 mulai dikenal dan mulai sering diundang jadi band pembuka band kondang, di antaranya kayak Gigi, Pas dan /rif.Perjuangan nyebar demo di Jakarta

Sukses sementara yang mereka raih pun jadi lebih bermakna. Pasalnya sebagian ortu mereka nggak setuju anaknya ngeband.

Sebagian duit yang diperoleh Sheila On 7 dari manggung - waktu itu masih diperkuat Shinta sebagai pemain keyboard - digunakan untuk biaya latihan. Sebagian lagi buat biaya bikin demo, yang rampung akhir 1996.Demo inilah yang kemudian ditenteng-tenteng Eross dan Adam (konon duitnya cuma cukup buat ongkos berdua!) ke Jakarta, untuk ditawarin ke Sony Music.

Baca Juga: Suka Bikin Playlist Musik? Profesi 'Playlist Editor' Kayaknya Cocok Buat Lo. Kerjanya Ngapain Sih?Lantaran jarang ke Jakarta, Eross sempet nyasar ke Tangerang, ke pabrik Sony elektronik. Habis ngasih demo, Eross disuruh pulang nunggu jawaban. Ketika jawaban dari Sony dateng, kali Sheila disuruh komplit untuk audisi. Setelah yakin demonya bukan rekayasa apalagi "lipsync", Sony pun ngontrak Sheila On 7 untuk empat album.

Semua lagu demo Sheila On 7 boleh masuk album perdana dengan judul Sheila On 7, kecuali lagu yang pake lirik bahasa Inggris.Di debut album, Sheila On 7 kedatangan beberapa musisi tamu di antaranya Aminoto Kosin dan Andi Irawan dari grup Bayou. Amin ngisi sampling lagu Dan, Andi main keyboard di lagu Kita, Anugerah Terindah Yang pernah Kumiliki dan Perhatikan, Rani! Pada album ini, konsep SO7 hanya ”enak didenger" yang akhirnya jadi corak musik Duta dkk hingga saat ini. "Kita mainin musik yang pengen kita mainin. Kalo jadinya rock, berarti rock. Kalo pop, ya pop," kata Eross santai.Siapa yang masih dengerin album debut Sheila On 7 hingga sekarang?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest