Follow Us

6 Universitas di Indonesia dengan Lulusan Kerja Terbaik Se-Asia

Ricky Nugraha - Senin, 21 Oktober 2019 | 14:30
Ilustrasi
Pixabay

Ilustrasi

HAI-online.com - QS World University Rankings (WUR) telah merilis pemeringkatan universitas mana saja yang menghasilkan lulusan paling mudah dipekerjakan dalam "QS Graduate Employability Rankings" 2020.

Lembaga pemeringkatan bereputasi internasional ini menilai meski banyak universitas terbaik dunia menghasilkan lulusan berprestasi setiap tahun, kalangan dunia usaha atau industri sering menyatakan keprihatinan institusi akademik belum cukup mempersiapkan lulusan untuk dunia kerja.

Khususnya soal soft skill. Hal ini sering disebut sebagai gap atau pokok soal 'kesenjangan keterampilan' yang menonjol di beberapa industri, terutama teknik dan teknologi.

Mengingat persaingan ketat di seluruh dunia, calon mahasiswa harus mulai secara serius mempertimbangkan bagaimana universitas dapat mempersiapkan lulusan secara memadai agar siap kerja.

Baca Juga: Udah Dapet Undangan dan Toga, Mahasiswi Ini Gagal Wisuda karena Nggak Buat Laporan ke Pemberi Beasiswa

Serta bagaimana menghubungkan lulusan dengan dunia usaha, dan memastikan lulusan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan.

QS WUR mencontohkan satu dari dua lulusan Inggris baru-baru ini nggak berhasil dalam memperoleh pekerjaan setelah lulus.

Hal ini menunjukkan gelar sarjana, meski dari salah satu universitas paling terkemuka di dunia, nggak lagi cukup menjamin kesuksesan karier.

Dari 134 universitas Asia yang masuk dalam pemeringkatan QS untuk lulusan kerja terbaik, 6 universitas Indonesia masuk dalam "papan tengah" dalam menghasilkan lulusan berkompetensi dan prospek kelulusan kerja tinggi.

Baca Juga: Keren, Kampus Ini Pakai Robot Rancangan Mahasiswanya Saat Upacara Wisuda

Berikut peringkat 6 universitas di Indonesia dalam "Best QS Graduate Employability Rankings 2020" untuk wilayah Asia:

74. Institut Teknologi Bandung (ITB): peringkat 301-500 dunia

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest