Follow Us

Anti-suap, Polisi Lalu Lintas Kini Dilengkapi Bodi Kamera di Seragamnya

Ricky Nugraha - Selasa, 15 Oktober 2019 | 10:10
Ilustrasi body camera pada polisi

Ilustrasi body camera pada polisi

HAI-online.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali melakukan inovasi untuk membantu kelancaran para anggotanya dalam bertugas di lapangan.

Setelah dengan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), kali ini anggota Ditlantas dilengkapi body camera yang disematkan pada seragamnya.

Kamera tersebut nggak cuma bisa merekam, tapi juga memiliki beberapa fungsi lainnya karena memiliki teknologi yang diklaim cukup tinggi.

"Lebih untuk menunjang kegiatan di lapangan para anggota, jadi seperti pengawasan. Kamera yang terpasang itu langsung terkoneksi di back office dan kamera ini akan selalu standby," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir, kepada Kompas.com, Senin (14/10/2019).

Baca Juga: Demi Penilaian Objektif, Ujian Praktik SIM Bakal Dibuat Secara Elektronik

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa body camera tersebut memiliki beberapa kelebihan. Para petugas yang mengenakan bisa memberikan informasi secara jelas soal kondisi di lapangan.

Baik soal lalu lintas, atau ketika sedang melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas.

Menariknya, cara kerja kemera tersebut nggak cuma merekam, tapi juga aktif secara live dengan konseksi internet.

"Body camera itu nanti secara live akan menampilkan kondisi dan situasi sampai baterainya habis. Tujuan paling utama untuk penegakan pelanggar lalu lintas, kamera tersebut bisa merekam dan memberikan bukti juga," ucap Nasir. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest