Follow Us

Mark Zuckerberg Ungkap Penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp Sering Down

Ricky Nugraha - Jumat, 11 Oktober 2019 | 09:02
Mark Zuckerberg di F8 2019
CNET

Mark Zuckerberg di F8 2019

HAI-online.com - Tahun 2019 ini, layanan milik Facebook Inc. termasuk Instagram dan WhatsApp terhitung telah tumbang secara bersamaan sebanyak empat kali.

Menanggapi hal ini, Facebook pun meminta maaf dengan mengatakan bahwa terjadi kesalahan sistem saat proses maintenance dilakukan.

Namun, alasan sebenarnya dari masalah ini telah diungkapkan oleh bos Facebook, Mark Zuckerberg, dalam sebuah rekaman pembicaraan yang bocor.

Meski Zuckerberg melontarkan pernyataan yang cukup diplomatis, pada intinya ia mengakui bahwa Facebook memang tengah menjalankan serangkaian tes, dan tes itulah yang kemudian membuat sistem menjadi "down".

Baca Juga: Keren! Google Photos Bisa Ubah Foto Hitam Putih Jadi Berwarna

"Jadi hal-hal yang sebelumnya hanyalah sebuah hal kecil, sekarang menjadi hal-hal yang menyebabkan sistem runtuh, dan kita perlu mengubah cara kita bereaksi terhadap hal tersebut, dan lebih fokus pada keandalan sistem yang sedang dibuat," kata Zuckerberg dalam rekaman tersebut.

"Jadi bukan hanya karena satu hal teknis, melainkan kompleksitas pada sistem yang tengah berkembang," lanjutnya.

Zuckerberg juga mengatakan bahwa tumbangnya layanan Facebook memberi dampak besar terhadap kepercayaan pengguna. Bahkan menurutnya tak sedikit pengguna yang kemudian beralih ke layanan lain seperti iMessage atau Telegram.

Ia juga menambahkan, butuh waktu panjang hingga berbulan-bulan untuk kembali mendapat kepercayaan pengguna terhadap layanannya.

Baca Juga: Oppo Reno 2 dan Reno 2F Resmi Meluncur di Indonesia Dengan 4 Kamera

"Jadi ya, ini masalah besar. Kami melakukan hal yang lebih buruk daripada sebelumnya," pungkas Zuckerberg.

Facebook sendiri sudah empat kali mengalami gangguan. Gangguan pertama terjadi pada bulan Januari lalu.

Source : The Verge

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest