Follow Us

Awak Kabin Cium Bau Durian Saat Penerbangan, Pilot Umumkan Keadaan Darurat ke Penumpang

Bayu Galih Permana - Rabu, 09 Oktober 2019 | 13:12
Ilustrasi buah durian
PIXABAY/PUBLICDOMAINPICTURES

Ilustrasi buah durian

HAI-Online.com - Gara-gara bau durian menyengat yang dicium oleh awak kabin, pilot pesawat Air Canada Rouge memutuskan untuk mengumumkan keadaan darurat dan mengeluarkan masker oksigen untuk para penumpang.

Dilansir dari Independent, kejadian ini bermula saat awak jabin dari pesawat Air Canada Rouge dengan nomor penerbangan ROU1566 baru saja lepas landas dari Montreal menuju Vancouver mencium bau menyengat.

Setelah mereka melakukan penyusuran terkait bau yang memenuhi seluruh pesawat tersebut, awak kabin dari pesawat berjenis Boeing 767 tersebut nggak berhasil menemukan sumbernya sehingga kemudian memutuskan untuk melaporkannya ke pilot.

Mendapat laporan mengenai adanya bau aneh tersebut, pilot pesawat dengan 245 penumpang itu diketahui langsung meminta izin untuk melakukan pendaratan darurat, di mana dia mengeluarkan masker oksigen agar para penumpang dapat bernafas dengan nyaman.

Baca Juga: Pengen Dinotice Minhyuk, Cewek di Bekasi Sewa Billboard Raksasa

Sesampainya kembali di Montreal, mereka kembali melakukan penulusuran lebih lanjut, dan menemukan bahwa bau menyengat tersebut berasal dari buah yang berada di kompartemen kargo depan, durian.

Kejadian serupa pun pernah terjadi di Indonesia, sebelumnya pesawat Sriwijaya Air dengan rute Bengkulu-Jakarta sempat diprotes penumpang karena membawa sekitar 2 ton durian di kargo pada tahun 2018 lalu.

Meskipun mendapat protes dari para penumpang, Direktur Manajer Sriwijaya Air Bengkulu, Abdul Rahim mengatakan bahwa pengangkutan durian dalam penerbangan tersebut sebenarnya sudah memenuhi prosedur.

Hal serupa pun disampaikan Kepala Bandara Fatmawati, Anies Wardhana yang menyebut durian boleh diangkut di kargo asalkan dikemas dengan baik supaya nggak menganggu keselamatan penerbangan.

Kalau kalian sendiri gimana sob? Termasuk orang yang nggak tahan atau malah senang dengan aroma buah durian? (*)

Source : Kompas.com, Independent

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest