Follow Us

Instagram Kini Punya Fitur AR Buat Cobain Barang yang Dijual Olshop

Ricky Nugraha - Senin, 07 Oktober 2019 | 10:17
Fitur belanja di Instagram dengan Augmented Reality (AR)
Instagram

Fitur belanja di Instagram dengan Augmented Reality (AR)

HAI-online.com - Salah satu kendala saat mau belanja secara online adalah ketika kita nggak bisa melihat atau cobain dulu barang tampilan barang yang akan dibeli saat dikenakan.

Untuk mengatasi permasalahan itu, Instagram belakangan mencoba menghadirkan fitur berteknologi Augmented Reality (AR) pada aplikasinya.

Fitur ini bisa mengubah kamera depan ponsel menjadi seperti cermin, sehingga pengguna bisa mencoba produk yang dijual secara virtual, dan melihat apakah produk tersebut cocok saat dipakai atau nggak.

Misalnya saat mau membeli kacamata hitam, dengan fitur ini nantinya si calon pembeli bisa melihat bagaimana tampilan kacamata tersebut saat dikenakan. Sedangkan untuk cewek, bisa "mencoba" tampilan lipstik yang ingin ia beli pada permukaan bibirnya.

Baca Juga: Nggak Punya Rupiah Buat Bayar Toilet di Bali, DJ Diplo Nekat Ganti Celana di Pinggir Jalan

Fitur belanja di Instagram dengan Augmented Reality (AR)
Instagram

Fitur belanja di Instagram dengan Augmented Reality (AR)

Untuk sekarang memang baru dua jenis produk ini yang bisa memanfaatkan AR di Instagram, seperti produk kosmetik dari Marc dan Nars serta produk kacamata dari Rayban atau Warby Parker.

Meski demikian, Instagram mengatakan akan memperluas jangkauan fitur tersebut agar bisa digunakan oleh lebih banyak produk.

Cara mencoba fitur ini pun cukup mudah. Pengguna cukup melakukan checkout pada barang yang akan dibeli, kemudian pada bagian bawah akan muncul pilihan "try it on" untuk mencoba produk yang akan dibeli sebelum membayar.

Pihak Instagram sendiri berharap, nantinya pengguna yang telah mencoba produk menggunakan AR bisa membagikan pengalamannya melalui Instagram Stories.

Baca Juga: Pakai WhatsApp di Android? Awas, Hacker Bisa Menyusup Lewat Kiriman Gambar

Harapannya tentu agar produk tersebut bisa dilihat banyak orang dan menjangkau lebih banyak konsumen. Mau coba? (*)

Source : Kompas.com, MASHABLE

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular