Follow Us

Fakta di Balik Foto Mahasiswa Diminta Pakai Helm Saat Ujian, Viral Ternyata Bukan karena Mencontek

Bayu Galih Permana - Senin, 30 September 2019 | 20:05
Mahasiswa Universitas Teknologi Isan Rajamangala Thailand mengikuti ujian dengan memakai helm.
Facebook/Malee Kawsanthia

Mahasiswa Universitas Teknologi Isan Rajamangala Thailand mengikuti ujian dengan memakai helm.

HAI-Online.com - Beberapa waktu belakangan, masyarakat dunia maya tengah membicarakan foto mahasiswa-mahasiswa Fakultas Pertanian dan Teknologi Lingkungan Universitas Teknologi Isan Rajamangala Thailand yang mengerjakan ujian dengan memakai helm.

Foto yang hingga kini telah dibagikan lebih dari 3.400 kali tersebut pertama kali dibagikan oleh seorang netizen bernama Malee Kawsanthia melalui akun Facebook miliknya pada Rabu (25/9).

Nggak butuh waktu lama, foto-foto itu pun kemudian mengundang beragam komentar pengguna Facebook, di mana kebanyakan dari mereka menilai langkah tersebut diambil sang dosen untuk mencegah mahasiswanya mencontek saat ujian.

Dugaan netizen ternyata salah besar, baru-baru ini pihak fakultas tempat gambar tersebut diambil memberikan klarifikasi, di mana hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kampanye bernama "100% Helmet AIT".

Baca Juga: Beredar Video Mahasiswa Ditabrak Mobil Saat Demo di Depan DPRD Boyolali, Begini Fakta Sebenarnya

Seperti yang dilansir HAI dari World of Buzz, kampanye "100% Helmet AIT" sengaja dilakukan guna mendorong para mahasiswa untuk menggunakan helm ketika mereka berkendara untuk alasan keselamatan.

Ide dari kampanye ini muncul seiring banyaknya mahasiswa di kampus mereka yang hampir seluruhnya nggak menggunakan helm saat berkendara, entah saat naik sepeda atau motor.

Sambil meminta maaf atas kesalahpahaman yang muncul, pihak kampus juga menjelaskan bahwa helm tersebut bukan dipakai saat mahasiswa mengerjakan tes, melainkan ketika mengisi identitas pada kertas ujian.

"Kami mohon maaf atas kesalahpahaman ini," jelas perwakilan dari Universitas Teknologi Isan Rajamangala Thailand.

Wah ada-ada aja ya sob, tapi bagus juga sih niat yang ada di baliknya. Kalau kampus kalian sendiri gimana, pernah bikin kampanye unik juga nggak? (*)

Source : World of Buzz

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest