Follow Us

Clean Up Jakarta Day: Gotong Royong Mengatasi Masalah Sampah Jakarta

Alvin Bahar - Rabu, 18 September 2019 | 18:00
Clean Up Jakarta Day
Clean Up Jakarta Day

Clean Up Jakarta Day

HAI-ONLINE.COM - Indonesia Expat menyelenggarakan Clean Up Jakarta Day di sejumlah lokasi di kota Jakarta pada Minggu, 25 Agustus. Clean Up Jakarta Day merupakan aksi peduli lingkungan dengan mengajak seluruh masyarakat di ibukota untuk melakukan gotong royong dengan semangat Jakarta yang lebih bersih.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran bahwa sudah menjadi kewajban kita bersama untuk menjaga kebersihan kota yang kita tinggali, tempat dimana kita melakukan aktivitas sehari-hari.

Clean Up Jakarta Day secara serentak dilaksanakan di 55 clean up sites atau lokasi aksi bersih-bersih yang tersebar di berbagai daerah di Jakarta.

“Ada 10.000 orang yang telah mendaftar langsung ke kami. Ini belum termasuk mereka yang mendaftarkan diri lewat pemerintah Kota,” ungkap Destania Ika Putri, kordinator Clean Up Jakarta Day 2019.

Mereka yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari berbagai latar belakang, dimulai dari sekolah, komunitas, organisasi, perusahaan, kedutaan besar negara sahabat, hingga individu.

Berbagai kampanye peduli lingkungan telah dilakukan melalui media sosial untuk mengajak berbagai kalangan untuk andil dalam kegiatan aksi bersih-bersih kota Jakarta ini.

Tahun ini adalah ketujuh kalinya Indonesia Expat menyelenggarakan Clean Up Jakarta Day. Destania mengatakan bahwa yang membedakan penyelenggaraan CUJD kali ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya adalah adanya kerja sama dengan recycling company untuk mengelola sampah-sampah yang nantinya terkumpul.

Destania juga mengaku tantangan yang dihadapi dalam mempersiapkan CUJD adalah upaya untuk menyentuh masyarakat level rumah tangga untuk memilah sampah langsung dari sumbernya. Harapannya, di masa yang akan datang, aksi ini bisa langsung bersentuhan dengan ibu rumah tangga dalam sosialisasi pengelolaan sampah.

Setelah pelaksanaan Clean Up Jakarta Day 2019, langkah selanjutnya adalah mendidik dan menanamkan rasa optimis terhadap masyarakat. Mereka harus dapat menerapkan keterampilan yang mereka peroleh saat CUJD pada aktivitas sehari-hari. Tidak ada cara untuk mengurangi volume sampah di kota tanpa dimulai dari diri sendiri.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest