Follow Us

Sering Terabaikan, Gejala-gejala Ini Jadi Tanda Transmisi Mobil Matik Mulai Rusak

Bayu Galih Permana - Rabu, 28 Agustus 2019 | 18:15
Ilustrasi transmisi mobil matic
Pixabay/RJA1988

Ilustrasi transmisi mobil matic

HAI-Online.com - Sama seperti mobil dengan transmisi manual, kerusakan ataupun malfungsi pada transmisi mobil matik akan menimbulkan masalah fatal apabila pemilik kendaraan nggak mengetahui hal tersebut, dan memaksa untuk terus digunakan.

Akibatnya, pemilik kendaraan bisa-bisa harus merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah hanya untuk memperbaiki transmisi matik.

Berkaca dari hal tersebut, pemilik sekaligus mekanik bengkel spesialis transmisi matik Rizki Auto, Suprianto menjelaskan bahwa ada sejumlah gejala yang bisa dirasakan pengguna saat transmisi mobil mulai mengalami kerusakan.

Salah satu contohnya, transmisi matik yang sudah bermasalah biasanya agak telat ketika dipakai mundur meskipun handle sudah beradap pada posisi R.

Baca Juga: 4 Fakta Seputar SIM Baru yang Bakal Dilengkapi dengan E-Money

"Untuk ciri-ciri transmisi matik sudah bermasalah biasanya kalau untuk mundur agak telat. Walau tongkat transmisi matik sudah di posisi R, namun harus menunggu lama seperti harus di gas-gas dahulu baru mobil mulai mundur," ungkap Supri seperti yang dikutip HAI dari GridOto.com.

Selain itu, pertanda transmisi mobil matik mulai rusak bisa dirasakan ketika pengendara hendak memindahkan dari posisi handle dari N menuju D.

"Dari posisi N lalu di masukkan ke posisi D maka hentakan akan sangat terasa. Harusnya saat masuk ke D, entakan enggak boleh terlalu terasa. Ini ada bagian kopling transmisi matik sudah bermasalah," terangnya lebih lanjut.

Transmisi matic CVT
RYAN/GRIDOTO.COM

Transmisi matic CVT

Parahnya lagi, ketika tuas transmisi sudah berada pada posisi D, tarikan akan menjadi lambat, bahkan hingga menyebabkan mobil nggak bisa digunakan.

Duh, ngeri juga ya sob! Maka dari itu, mulai sekarang jangan males buat ngecek kesehatan kendaraan yang kalian pakai karena bisa membahayakan diri sendiri apabila diabaikan. (*)

Source : GridOto.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest