Follow Us

Bye Jakarta, Ini Dia Ibukota Baru Indonesia di Kalimantan Timur

Alvin Bahar - Senin, 26 Agustus 2019 | 17:41
Pilih Dua Tempat Ini Jadi Ibukota Baru Indonesia, Jokowi Beberkan 5 Alasan Pilih Kalimantan
instagram @jokowi

Pilih Dua Tempat Ini Jadi Ibukota Baru Indonesia, Jokowi Beberkan 5 Alasan Pilih Kalimantan

HAI-ONLINE.COM - Ibukota bakal dipindah udah bukan rumor lagi. Wacana yang udah muncul sejak lama ini, udah fix dengan Kalimantan sebagai tujuannya.

Pembangunan ibu kota di Kalimantan akan membawa dampak besar bagi Indonesia dan jadi anak tangga menuju Indonesia Timur yang lebih baik.

Pada 26 Agustus 2019 ini, diumumkan kota mana yang jadi ibukota baru. Adalah di sebagian Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi. Pak Jokowi menyatakan bahwa keputusan ini dilakukan setelah pemerintah melakukan kajian intensif.

Baca Juga: Operasi Patuh Jaya 2019 Digelar Akhir Agustus, Ini Daftar Pelanggaran yang Jadi Incaran Polisi"Pemerintah telah melakukan kajian mendalam dan intensifkan studinya selama tiga tahun terakhir," ujar Presiden.Pemindahan ibukota ini punya sejumlah keuntungan lho. Tentu buat Jakarta juga. Seperti memudahkan penataan Jakarta dan kawasan mega- urban Jabodetabek, dan menghentikan pemborosan ekonomi akibat kemacetan yang menyedot dana puluhan triliun rupiah setiap tahun.Keuntungan lainnya seperti mewujudkan rasa adil dan menghilangkan diskriminasi pembangunan antar wilayah di tataran nasional sebagai modal untuk memperkuat kembali rasa Satu Bangsa. Serta memaksimalkan pemanfaatan potensi air dan sumber daya alam lainnya di Kalimantan yang terbuang percuma, dengan konsep pemanfaatan yang berkelanjutan.Selamat datang, ibukota baru!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest