Follow Us

Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Hai dengan Levi's

Dear Anak Band, Lagu Demo yang Keren Adalah Sumber Kesuksesan Lho, Ini Alasannya

Fadli Adzani - Senin, 12 Agustus 2019 | 12:52
Ilustrasi demo
Davin Brandt

Ilustrasi demo

HAI-ONLINE.COM - Setelah kalian menemukan personel yang tepat, genre musik yang ingin dimainkan, sampai visi-misi band yang ingin digapai, memiliki demo adalah hal yang wajib kalian lakukan. Mengapa?

Demo musik, sebagaimana yang dijelaskan dalam situs The Balance Careers, adalah sampel dari lagu kalian yang direkam secara "kasar".

Ada banyak kegunaan dari demo, entah itu untuk menjadi "guide" kalian saat merekam album atau EP, bisa juga diberikan kepada produser rekaman agar mereka bisa "kenalan" sama lagu kalian terlebih dahulu, dan masih banyak lagi.

Gimana, sih, cara bikin demo yang tepat?

Tips Bikin Demo yang Bagus tapi Hemat

Salah satu cara bikin demo yang baik ialah, jangan mengeluarkan uang terlalu banyak saat merekam demo kamu. Pasalnya, demo yang kamu buat itu nggak bakal jadi "produk akhir" yang akan kamu jual nantinya, kan?

Setidaknya, kamu pinjam komputer atau laptop personel band kamu yang digunakan untuk bisa merekam lagu secara mudah dan nggak mengeluarkan uang. Dengan begitu, kamu bisa merekam demo secara kasar, namun hasilnya tetap bisa didengar serta dimengerti oleh produser rekaman nantinya.

Ketika rekaman demo, kalian juga nggak perlu menggunakan instrumen asli, karena di aplikasi rekaman sudah banyak "instrumen virtual" yang dapat digunakan.

Akan tetapi, kalau kalian bisa rekaman langsung dengan instrumen asli, kenapa tidak? Tapi ingat, jangan sampai menyulitkan kalian saja.

Intinya, demo yang kamu buat bisa memberikan "ide besar" dari apa yang bakal band kalian ciptakan dari demo tersebut. Jadi, pintar-pintar, lah, dalam membuat demo, ya!

Cerita The Strokes Besar Lewat Demo

Halaman Selanjutnya

The Strokes
1 2 3

Topic : Levis Band Hunt

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest