Follow Us

Kelakuan Turis Domestik Makin Nggak Karuan, Restoran Ini Cuma Mau Layani WNA

Bayu Galih Permana - Rabu, 17 Juli 2019 | 17:25
Yaeyama Style
Twitter/Freeword07

Yaeyama Style

HAI-Online.com - Baru-baru ini, sebuah restoran bernama Yaeyama Style tengah ramai menjadi bahan pembicaraan publik Jepang setelah pihaknya memutuskan untuk nggak melayani pelanggan turis domestik, dan hanya mau menerima pembeli yang merupakan warga negara asing.

Dilansir dari Japan Today, peraturan yang akan diberlakukan hingga bulan September mendatang ini sendiri diterapkan setelah mereka menilai bahwa kelakuan turis Jepang semakin buruk dari tahun ke tahun.

"Kelakuan turis Jepang semakin memburuk dari tahun ke tahun. Karena itu, kami nggak akan mengizinkan pelanggan Jepang datang ke sini hingga September. Kami hanya akan menerima warga negara lain," tulis pengelola restoran tersebut, Akio Arima dalam pengumumannya.

Dalam keterangannya, Arima mengaku bahwa restoran miliknya selama ini sudah menerapkan aturan di mana setiap pelanggan diminta untuk seengaknya memesan satu porsi ramen.

Baca Juga: Nama Klub Juventus Bakal Diganti Jadi 'Piemonte Calcio' di FIFA 20, Ini Alasannya

Namun, meskipun sudah memasang peraturan tersebut, masih ada pelanggan Jepang yang makan semangkuk dua orang, itu pun kebanyakan dari mereka juga membawa makanan dan minuman dari luar.

Keadaan itu kemudian membuat pekerja paruh waktunya mengundurkan diri karena mengalami stres, sehingga Arima kini hanya seorang diri menjalankan restoran tersebut.

"Orang Jepang berpikir bahwa pelanggan adalah raja. Jadi perilaku mereka buruk sekali. Aku pikir keputusan tersebut sudah tepat," ungkap Arima.

Sayangnya, peraturan tersebut malah membuatnya menerima keluhan dari pelanggan setia di Jepang, dan Yaeyama Style menjadi sepi pembeli, di mana dia hanya menyajikan dua mangkok ramen dalam beberapa hari terakhir.

Meski menimbulkan sejumlah masalah baru, Arima akan tetap mempertahankan peraturan itu, dan memiliki rencana untuk membuat sebuah keanggotaan sebagai solusi untuk para pelanggan setianya di Jepang. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest