Follow Us

Ariel 'NOAH' Kritik Orang-orang yang Minta Harga CD Supaya Lebih Murah

Ricky Nugraha - Kamis, 04 Juli 2019 | 19:00
Ariel 'Noah' nyanyikan lagu
YouTube/Ariel Noah

Ariel 'Noah' nyanyikan lagu

HAI-online.com - Di masa sekarang, rilisan musik fisik seperti CD memang kalah saing dengan layanan streaming yang makin banyak peminatnya.

Meski begitu, para musisi tetap membuat rilisan CD untuk penghasilan tambahan mereka, dan untuk memuaskan para penggemar yang hobi mendengarkan atau mengoleksi rilisan fisik.

Namun, nggak jarang para musisi tersebut malah mendapat protes dari orang-orang karena harga rilisan fisik yang dianggap mahal, dibanding jika mendengarkan lewat layanan streaming, atau membeli CD bajakan.

Hal ini dialami oleh banyak band dan musisi, termasuk band Indonesia, NOAH.

Baca Juga: Nggak Pernah Dipamerin, Raditya Dika Kejutkan Netizen dengan Skill Bermain Gitar

Sejumlah netizen meminta agar harga CD band NOAH dijual murah. Mereka menilai harga CD asli mahal, sehingga nggak heran kalau banyak yang membeli bajakan.

Sang vokalis, Nazril Irham atau yang lebih populer disapa Ariel (37) memberikan tanggapan atas permintaan netizen tersebut. Menurut Ariel, nggak mudah menjual sebuah karya dengan harga yang murah.

"Satu lagi deh nih buat yg minta harga CD lebih murah. Kita bisa saja menurunkan kualitas cd dan cover sehingga lebih murah, tapi tetap semurah murahnya CD dari kita, akan lebih murah CD bajakan," kata Ariel lewat akun Instagram-nya, @ariel_inst.

Sebab, kata Ariel, pembajak nggak perlu bayar pajak atas distribusi kaset fisik. Sedangkan pihak label yang memproduksi secara resmi harus membayar pajak.

Baca Juga: Adu Musik Blues, Bagusan Jimi Hendrix atau Stevie Ray Vaughan Ya?

"Kecuali kalau kita gak perlu bayar pajak juga, baru bisa bersaing harga, itu pun kita musti tetap ada biaya pembuatan karya, bukan tinggal copy paste di cetak," tulis Ariel.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest