Follow Us

Sering Diabaikan, Standar Motor Juga Butuh Perawatan Biar Nggak Timbul Masalah

Ricky Nugraha - Rabu, 12 Juni 2019 | 16:25
Ilustrasi standar samping motor
Instagram/kingzaman_now

Ilustrasi standar samping motor

HAI-online.com - Tiap sepeda motor pasti dilengkapi dengan standar, baik itu standar samping maupun tengah. Fungsinya jelas untuk menopang ketika motor sedang berhenti atau parkir.

Namun, masih banyak pemilik motor yang belum tahu bahwa standar tersebut membutuhkan perawatan sama seperti komponen motor yang lainnya.

Menurut Yadi, mekanik bengkel Berkat Motor Service di kawasan Depok, Jawa Barat, standar motor perlu dirawat supaya nggak berkarat. Sebab, jika sudah berkarat, bisa menimbulkan masalah lainnya.

Baca Juga: Wow, Ternyata Ini Alasan Motor Wajib Nyalakan Lampu di Siang Hari Guys

"Biasanya bagian pernya akan berkarat. Kalau sudah berkarat, per jadi akan mudah untuk patah. Sehingga posisi standar tidak bisa dikembalikan lagi seperti semula. Tentu hal ini akan merepotkan saat kita akan berkendara," ujar Yadi kepada Kompas.com.

Yadi mengatakan, cara paling mudah untuk merawatnya adalah dengan menjaga kebersihannya. Jika sehabis melewati genangan air atau jalan berlumpur, segera bersihkan dari kotoran yang menempel."Tidak ada salahnya menyemprot per standar dengan cairan anti karat, agar per tidak mudah mengalami korosi. Bagian as standar juga sebaiknya dilumasi, untuk memperlancar gerakan standar saat digunakan," kata Yadi.

Baca Juga: adidas Siap Gelar Event Lari untuk Melindungi Lautan dari Sampah Plastik

Khusus untuk standar tengah, Yadi menyarankan selalu memperhatikan kondisi per, apakah masih kuat atau sudah melemah.

Pertanda per yang sudah lemah biasanya standar tengah akan ikut mengayun ketika motor melewati jalanan yang tidak rata. "Jika per sudah melemah, sebaiknya segera diganti dengan yang baru," ujar Yadi. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest