Follow Us

Huawei Kehilangan Dukungan Android dari Google , Harga P30 Pro Bekas Tinggal Rp 1 Jutaan

Bayu Galih Permana - Jumat, 31 Mei 2019 | 13:00
Huawei P30 Pro
CNET

Huawei P30 Pro

HAI-Online.com - Seperti yang udah HAI beritain sebelumnya, pabrikan smartphone terbesar di dunia asal China, Huawei harus menjadi korban dari perang dagang yang tengah memanas antara China dan Amerika Serikat.

Hasilnya, perusahaan yang udah berdiri sejak tahun 1987 itu mau nggak mau harus kehilangan dukungan layanan serta lisensi Android dari Google akibat adanya perang dagang antara kedua negara tersebut.

Selain harus kehilangan dukungan layanan dan lisensi Android dari Google, perang dagang antara China dan Amerika Serikat ini membuat beberapa smartphone flagship buatan mereka mengalami penurunan harga sangat drastis.

Seperti yang dilansir HAI dari Tribunnews, salah satu situs jual beli asal Inggris, Music Magpie mengatakan bahwa harga bekas dari salah satu seri smartphone terbaru Huawei, P30 Pro kini dijual nggak lebih dari 100 poundsterling (Rp 1,8 juta).

Baca Juga: Polka Wars Unggah Video Saldo Rekening Kosong, Ditjen Pajak Ikut Prihatin

Fyi aja nih sob, harga jual dari Huawei P30 Pro baru sendiri dibanderol pada kisaran sekitar 899 poundsterling atau kalau dirupiahin kurang lebih senilai setara Rp 16 juta, anjlok banget kan tuh?

Nggak cuma P30 Pro, penurunan harga jual bekas ini juga diikuti oleh sang kakak, P20 Pro yang kini bisa didapatkan pada angka 50 poundsterling, atau sekitar 900 ribu rupiah aja.

Bahkan, menurut laporan dari Strait Times, beberapa toko dikabarkan menolak untuk membeli kembali smartphone-smartphone Huawei yang dijual oleh pengguna setelah pencabutan dukungan layanan dan lisensi Android dari Google.

Meski Google telah memutus kerja sama dengan pihak Huawei, smartphone yang telah beredar sebenarnya nggak berkurang fungsinya karena sejumlah layanan seperti Google Maps, Gmail, ataupun Play Store sebenarnya masih tetap bisa digunakan.

Selain itu, Google juga menjamin pihaknya masih menyediakan pembaruan keamanan dan purna jual untuk seluruh produk Huawei maupun Honor di seluruh dunia.

Wah, anjlok banget ya harganya! Ada yang tertarik buat beli nggak nih, siapa tau di masa depan Google dan Huawei bakal kerjasama lagi? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular