Follow Us

Tips Memilih Makanan yang Bikin Badan Tetap Segar Saat Puasa, Eh Untuk Berbuka Ya!

Dio Firdaus - Kamis, 02 Mei 2019 | 17:40
Makanan yang halal

Makanan yang halal

HAI-Online.com- Nggak terasa sob, minggu depan, diperkirakan tanggal 6 Juni 2019, bulan Ramadhan kembali tiba. Udah siap belum nih sob?Di bulan puasa, jangan memikirkan bagaimana caranya bisa menahan lapar dan haus seharian. Tapi juga harus menyusun strategi bagaimana caranya agar bisa tetap segar selama seharian puasa. Kamu harus cermat dalam memilih makanan. Kalau kalau salah makan, terutama saat sahur, bisa mengganggu aktifitas kamu seharian loh.

Baca Juga : Ini 8 Kombinasi Makanan yang Absurd Banget! Berani buat Buka Puasa?Nah, dr Jovita Amelia SpGK memberikan empat tips buat kamu untuk memilih makanan saat puasa khususnya sahur agar badan tetap bugar nih sob. Pertama, pilihlah hidangan sahur dengan komposisi gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Maknana yang lengkap dan berenergi dapat memenuhi kebutuhan energi sepanjang hari. "Makanan dengan karbohidrat kompleks dapat melepaskan energi secara perlahan selama puasa" ujar Jovita di acara bersama Halodoc (30/4), sebagaimana HAI kutip dari KompasLifestyle. Komponen makanan yang seimbang juga bisa mengoptimalkan kondisi tubuh yang terdiri dari; 50 - 60% karbohidrat, 15 - 20% protein dan 20 - 25% lemak.Kedua, kamu wajib banget mencukupi kebutuhan carian dan zat besi saat sahur untuk membantu distribusi oksigen tetap terjaga selaam berpuasa. Hal ini juga akan membuat tubuh terasa lebih bugar, nggak gampang lemas dan mengantuk. Ketiga, untuk mengurangi rasa haus, jauhkan makanan yang digoreng atau gorengan dan hidagan yang mengandung banyak garam. Makanan yang digoreng akan memperlambat pengosongan lambung sehingga memicu naiknya asam lambung.

Baca Juga : Stop Dulu Sarapan dengan 5 Buah Ini Kalo Nggak Mau Kesehatan Terganggu!Selain itu, dr Jovita juga mengingatkan kita untuk ngak lupa memenuhi kebutuhan cairan dua liter perharinya. Terakhir, dr Jovita menyarankan kita unutk menghindari konsumsi makanan manis yang berasal dari karbohidrat sederhana berlebih saat sahur. Karena makanan seperti itu akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh, yang akhirnya akan membuat kita mudah lapar. Kalau ingin mengonsumsi makanan manis, maka pilihlah makanan manis yang berasal dari karbohidrat kompleks seperti sayur, buah dan umbi-umbian, sob. Ada lagi nih sob yang nggak kalah penting, yaitu olahraga selama puasa. Latihan ringan sebelum atau sesudah berbuka puasa dengan durasi pendek dan intensitas rendah akan membantu kebugaran tubuh selama puasa. Tuh sob. Artinya nggak ada alasan tuh untuk malas-malasan saat bulan puasa. Olahraga harus tetep jalan! (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Pilih Makanan Saat Puasa demi Tubuh Tetap Bugar"

Source : kompas

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest