Follow Us

4 Hal Ini Jadi Penyebab Flashdisk Kamu Gampang Rusak, Cek Deh!

Dio Firdaus - Kamis, 18 April 2019 | 19:30
Broken USB flash drive isolated on white background,one usb key that contains a malware software
iStockphoto

Broken USB flash drive isolated on white background,one usb key that contains a malware software

HAI-Online.com- Bagi anak sekolah maupun mahasiswa, keberadaan flashdisk kini sudah sama pentingnya dengan laptop. Butuh, banget. Karena, kebanyakan tugas yang diberikan guru atau dosen, saat ini berupa tugas digital seperti presentasi power point, makalah, ataupun tugas film pendek. Maka dari itu, flashdisk punya peranan penting banget untuk pelajar. Tapi, meskipun si penyimpanan portable ini sangat penting, gampang banget rusak sob. Setuju nggak?

Baca Juga : Trailer Terbaru Dark Phoenix Tunjukan Asal Mula Jean Jadi Sini!Suka bingung nggak sih kenapa flashdisk cepet banget rusak? Nih deh HAI kasih tau penyebab-penyebab flashdisk gampang rusak dari Nextren. Cekidot!1. VirusSeringnya flashdisk kamu berpindah dari satu laptop ke laptop lain bisa menyebabkan flashdisk kamu kemasukan virus. Untuk itu kamu perlu scan virus di flashdisk kamu secara berkala.Tapi jangan asal pakai anti-virus yah, pastikan kamu pakai anti-virus dengan kualitas bagus dan usahakan juga pakai anti-virus yang original.2. Jangan dekat-dekat dengan magnetPada dasarnya, semua barang elektronik tidak boleh sering berdekatan dengan magnet. Termasuk flashdisk. Kamu harus hati-hati menaruh flashdisk kamu jangan sampai berdekatan dengan magnet.Lalu, benda apa aja sih yang ada magnetnya? Misalnya nih, ada hape, televisi dan speaker. Sebenarnya, semua perangkat yang memiliki pengeras suara pasti mengandung magnet di dalamnya.Terlalu sering terpapar radiasi magnet bisa merusak arus data yang ada di dalam rangkaian flashdisk. Akibatnya, flashdisk akan cepat rusak.

Baca Juga : Ini Dia Beberapa Penyebab Speaker Ponsel Gampang Rusak dan Cara Mencegahnya3. Jangan lupa eject!Ini sering juga kamu lupakan. Kenapa sih harus di-eject?Simpelnya adalah supaya kamu bisa mendapat peringatan dari sistem komputer apakah flashdisk kamu masih mengolah data atau nggak.Jika asal cabut, bisa saja data yang ditransfer belum terkirim dengan sempurna dan menyebabkan munculnya file-file yang corrupt atau rusak.4. Tutup ujung flashdiskYang terakhir juga penting nih. Seringkali kita kehilangan tutup flashdisk karena ukurannya kecil. Atau malah sengaja membeli merek flashdisk yang dijual tanpa tutup.Kamu harus hati-hati loh. Ujung soket yang terbuka bisa menyebabkan lapisan tembaga rusak atau bahkan kemasukan debu. Kalau sudah begini, pastinya flashdisk akan bekerja dengan tidak sempurna dong.Nah itu tadi beberapa tips sederhana untuk menjaga kondisi flashdisk kamu supaya awet dan tahan lama.Kalau merasa mendapat manfaat dari artikel ini, kamu boleh share artikel ini ke teman-teman kamu loh.(*)

Artikel ini pertama kali tayang di nextren.grid.id dengan judul Ini 4 Penyebab Flashdisk Gampang Rusak, Bisa Rusak Data

Source : NexTren

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest