Follow Us

Cewek Ini yang Duluan Memposting Foto Black Hole Pertama di Dunia

Al Sobry - Jumat, 12 April 2019 | 09:56
Akhirnya foto Lubang Hitam pertama diabadikan oleh Katie Bouman
Kompas.com

Akhirnya foto Lubang Hitam pertama diabadikan oleh Katie Bouman

HAI-Online.com – Viralnya foto pertama Black Hole atau Lubang Hitam yang dibahas oleh para ilmuwan, peneliti dan penyuka luar angkasa ternyata nggak bisa lepas dari sosok cewek satu ini.

Yap, dibalik sejarah baru yang dicetaknya tersebut, nama Katie Bouman juga jadi perbincangan dunia nih, guys!

Pasalnya setelah 25 tahun berlalu dengan gambaran lubang hitam yang kurang jelas, Katie Bouman lah yang pertama kali memperlihatkan proses bagaimana foto lubang hitam itu direkonstruksi dan hasilnya diunggah di akun facebooknya.

Baca Juga : Seru! Tiap Rabu Murid di Sekolah Ini Wajib Pakai Batik Buatan Sendiri

Bukan iseng-iseng belaka, cewek berusia 29 ini memang merupakan seorang ilmuwan komputer yang lulus dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT) di Amerika Serikat (AS).

Dilansir New York Post dan BBC Rabu (10/4/2019), Katie Bouman menciptakan algoritma yang membantunya membentuk foto lubang hitam untuk kali pertama. Dia yang memimpin proyek penemuan sejarah eksplorasi ruang angkasa khusus pemotretan atas lubang hitam.

Nah, foto yang istimewa ini memperlihatkan cahaya halo (lingkaran cahaya) yang berasal dari dari debu dan gas angkasa yang sedang tersedot ke lubang hitam yang berjarak 500 juta triliun kilometer dari bumi. Lebih jelasnya, halo di sekitar lubang hitam itu diambil di Galaksi M87.

"Masih menonton dan nggak percaya ini adalah gambar lubang hitam pertama yang sedang dalam proses pembuatan," kata Bouman di Facebook.

Dia memulai pembuatan algoritma tiga tahun lalu ketika dia masih menjadi mahasiswa MIT.

Baca Juga : Sejarah Baru Tercipta, Foto Pertama 'Black Hole' Berhasil Diabadikan!

Setelah itu, dia kemudian memimpin sebuah tim. Tim itu terdiri dari Laboratorium Sains Komputer dan Kecerdasan Buatan MIT, Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian dan Observatorium Haystack MIT.

Algoritma yang dibuat timnya kemudian digunakan di Event Horizon Telescope (EHT), sebuah jaringan berisi delapan teleskop untuk memotret lubang hitam.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest