Follow Us

Leonardo DiCaprio Ikut Soroti Kondisi Sampah di Bantar Gebang

Ricky Nugraha - Kamis, 28 Maret 2019 | 20:30
Leonardo DiCaprio
hollywoodreporter.com

Leonardo DiCaprio

HAI-online.com - Menggunungnya sampah di tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang sudah menjadi rahasia umum dan kondisinya kini makin memprihatinkan.

Hal ini rupanya nggak cuma menjadi fokus pemerintah Indonesia saat ini, tetapi juga ikut menjadi sorotan aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio.

Aktor serta aktivis lingkungan yang akrab disapa Leo ini mengunggah sebuah foto di akun Instagram miliknya @leonardodicaprio yang menyoroti banyaknya sampah di Bantar Gebang.

Postingan ini merupakan repost foto dari fotografer Elisabetta Zavoli (@elizavola) yang kemudian bibagikan oleh akun @everydayclimatechange.

Dalam postingan tersebut juga dituliskan pesan dan kekhawatiran tentang kondisi Bantar Gebang.

Baca Juga : Canggih dan Ramah Lingkungan, Printer Buatan Mahasiswa Ini Menggunakan Plastik

"Beberapa pria, dari Desa Cikiwul, menangkap ikan di perairan berlumpur yang sangat tercemar yang merembes dari zona pembuangan terbesar Bantar Gebang. TPA Banter Gebang menerima limbah sekitar 15 juta orang yang tinggal di Jakarta. Pemulung membutuhkan sampah untuk mencari nafkah dan masyarakat Indonesia membutuhkan pemulung untuk mendaur ulang semua bahan yang mungkin akan dibuang begitu saja," tulis Leo.

"Indonesia, berada di peringkat pencemar plastik terbesar kedua di dunia setelah China, dengan laporan menunjukkan bahwa negara itu menghasilkan 187,2 juta ton sampah plastik setiap tahun yang lebih dari 1 juta ton bocor ke laut," sambungnya.

Leo memang dikenal aktif sebagai pegiat isu lingkungan. Ia juga mendirikan The Leonardo DiCaprio Foundation, lembaga nirlaba yang khusus mempromosikan kesadaran lingkungan, yang telah bekerja di puluhan negara.

Pada 2016 lalu, Leo juga pernah berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser Aceh di mana waktu itu ia menyoroti tentang kekhawatiran bahwa ekspansi perkebunan sawit mengancam habitat hewan di hutan seperti gajah.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest