Follow Us

Keren, Di Aljazair Akan Dibangun Monumen Bung Karno

Rizki Ramadan - Rabu, 13 Maret 2019 | 15:38
desain patung Soekarno di Aljazair
Ridwan Kamil

desain patung Soekarno di Aljazair

HAI-online.com - Bangga nggak sih lo, Presiden pertama kita dibuatkan patung di negara lain? Yap, di Aljazair sana, akan dibangun patung Soekarno, tepatnya di pusat kota Aljir.

Kerennya lagi, patung tersebut dirancang oleh Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat ini emang seorang arsitek, sob. Ridwan Kamil bertolak ke Aljazair untuk kunjungan kerja. Selain memperkuat hubungan kerja sama, Ridwan juga diminta untuk membangun monumen tersebut.

Ridwan Kamil sempat ngepost desain monumen Bung Karno ke Instagramnya. Monumen itu punya lima pilar berbentuk bulat dengan patung Bung Karno di tengahnya.

Baca Juga : Cuma di Indonesia, Polisi Lagi Tembakin Penjahat di Bank, Warga Setempat Ngerekam dari Jarak Deket

"(Filosofinya) kalau dari atas ada bulan sabit sebagai lambang Aljazair. Patung Bung Karno di dikelilingi lima pilar artinya lima sila Pancasila," kata Emil saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan singkat, Rabu (13/3/2019).

Jadi, Aljazair memang menyimpan rasa hormat Bung Karno soalnya kemerdekaan Aljazair itu terinspirasi dari semangat Bung Karno. Tahun 1955, Bung Karno mengundang Aljazair untuk ikut KTT Asia-Afrika di Bandung.

"Di Kota Aljir disepakati akan ada monumen Bung Karn di bundaran strategis kota tersebut. Mereka sangat hormat pada Bung Karno dan KAA 1955. Karena pendiri Aljazair datang ke Bandung saat itu. Tersemangati dasa sila Bandung dan 7 tahun kemudian Aljazair merdeka dari Perancis," jelas Emil. (*)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest