Follow Us

Awas! Artikel di Wikipedia Ternyata Ada yang Hoaks Juga Lho, Ini Buktinya

Alvin Bahar - Selasa, 19 Februari 2019 | 11:30
Wikipedia
Wikipedia

Wikipedia

HAI-ONLINE.COM - Suka copas artikel di Wikipedia? Hati-hati lho, artikel di Wikipedia ternyata ada yang hoaks!

Tiga tahun lalu, editor Wikipedia "Calamondin12" menemukan artikel hoax yang sudah bertengger 10 tahun di layanan ensiklopedia online tersebut.

Temuan itu sekaligus mencatat rekor baru dalam sejarah Wikipedia.

Pasalnya, selama ini belum pernah ada artikel palsu yang bertahan di Wikipedia hingga satu dekade. Tepatnya, artikel itu dibuat sejak 2005 silam.

Dilansir Nextren dari BusinessInsider, artikel hoax yang dimaksud bercerita tentang karakter fiktif bernama Jack Robichaux.

Robichaux digambarkan sebagai pemerkosa berantai pada abad ke-19. Ia melancarkan aksinya di sekitar New Orleans, Louisiana, AS.

Baca Juga : Ini Alasan Mengejutkan Kenapa Jari Tangan dan Kaki Keriput Kalau Lama di Air

Selain sebagai pemerkosa, Robichaux juga merupakan musisi jazz andal yang dikenal di New Orleans. Kejahatannya pun seakan telah menjadi rahasia umum kala itu.

Nyatanya, memang benar ada musisi jazz yang bernama belakang Robichaux.

Lebih spesifik, ia adalah John Robichaux. Beda John, beda pula Jack Robichaux yang tak lain adalah rekayasa utuh.

Kisah dramatis sang pemerkosa berantai dibuat dua sahabat, Bill Maas dan Van Robichaux. Saat membuat kisah pemerkosa berantai itu, keduanya masih berkuliah di Washington University, AS.

Menurut Maas, ia dan kawannya memang sengaja membuat artikel fiktif atas motif iseng. Sebelum membuat cerita Jack Robichaux, mereka sudah beberapa kali mengunggah artikel bohong.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest