Follow Us

Pengen UNBK Lebih Nyaman, Pengawas Ujian Diusulkan Nggak Ada?

Dewi Rachmanita - Senin, 11 Februari 2019 | 14:38
(Foto Ilustrasi) Siswa sedang ujian CBT
HAI

(Foto Ilustrasi) Siswa sedang ujian CBT

HAI-Online.com - Mana nih yang merasa kalau ada pengawas bawaannya deg-degan waktu ngerjain ujian?

Kegelisahkan lo itu ternyata jadi perhatian Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY. Mereka mengusulkan nggak perlu lagi bro ada pengawas dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Yogyakarta.

Dilansir dari Tribun Jogja, Baskara Aji, Kepala Disdikpora DIY bilang usulan nggak ada pengawas dalam UNBK itu biar ada rasa nyaman dan kepercayaan kepada siswa.

Baca Juga : Pelajar SMA di Maluku Utara Nggak Bisa UNBK, Penyebabnya Masih Sama...

"Semoga bisa diterima oleh Kemendikbud," tambah Baskara.

Lebih lanjut, Baskara bilang kalau pun ada pengawas, fungsinya akan lebih sebagai fasilitator yang bersifat antisipasi kesulitan teknis. Misalnya token yang nggak bisa masuk.

Nggak cuma soal kenyamanan, usulan ditiadakannya pengawas juga berkaca dari prestasi yang diraih Yogyakarta.

Usulan soal nggak adanya pengawas ini sendiri menurut Suwardi, anggota Komisi D DPRD DIY perlu ad akajian lebih lanjut. Menurutnya, jika ada pengawas, maka perlu ada perhatian terkait sikap sang pengawas itu ke siswa.

Suwardi menambahkan, sikap pengawasan yang over protect dan justru bikin suasana nggak nyaman emang mesti dihindari. Jangan sampai pengawas bersikap seperti menakut-nakuti siswa dan bikin tekanan psikis tersendiri selama mengerjakan UNBK.

Meski begitu, pengawas sendiri masih dipandang perlu untuk menjaga kondusifitas UNBK.

"Memang jika dilihat integritas Yogyakarta cukup tinggi. Hanya, integritas tinggi itu juga harus dilihat ada tidak keterpaduan siswa dan pegawasnya," tambah Suwardi.

Gimana sob menurut lo, perlu nggak sih pengawas? Atau selama ini emang jadi tekanan psikis tersendiri selama mengerjakan ujian? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest