Follow Us

7 Tips untuk Lindungi Keamanan Akun WhatsApp dari Serangan Hacker

Ricky Nugraha - Selasa, 01 Januari 2019 | 18:19
Ilustrasi WhatsApp
REUTERS

Ilustrasi WhatsApp

HAI-online.com - WhatsApp saat ini telah menjadi aplikasi perpesanan paling populer di dunia dengan jumlah pengguna aktif bulanan menembus angka 1,5 miliar di akhir tahun 2017.

Nggak heran, kepopuleran WhatsApp membuat para hacker ingin membobol dan menyalahgunakan data pengguna untuk tujuan tertentu.

WhatsApp sendiri sudah meningkatkan keamanan para penggunanya dengan teknologi end-to-end encryption yang memungkinkan konten yang dikirim atau diterima pengguna sulit diretas oleh pihak luar.

Meski begitu, hacker akan terus mencari cara untuk meretas akun pribadi para pengguna WhatsApp.

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips untuk meningkatkan keamanan WhatsApp. Apa saja tipsnya? Simak langsung nih:

Baca Juga : Begini 2 Cara Bikin Foto Akhir Tahun #2018BestNine di Instagram

1. Periksa Enkripsi

WhatsApp memang otomatis langsung mengenkripsi semua pesan. Para penggunanya pun bisa langsung mengecek apakah fitur enkripsi telah aktif untuk menghindari informasi pribadi yang terkirim dalam pesan.

Caranya, dengan membuka informasi kontak lawan bicara di nama atau nomornya untuk verifikasi enkripsi sebelum memulai percakapan dengan kontak tertentu. Kemudian kode ini bisa diverifikasi secara manual dengan membandingkan digitnya, atau dengan memindai kode QR.

2. Aktifkan Notifikasi Keamanan

Dengan mengaktifkan notifikasi keamanan ini, WhatsApp dapat mengirim pemberitahuan ketika kode keamanan enkripsi telah berubah. Biasanya, fitur itu berguna ketika pengguna WhatsApp memindahkan data backup obrolan dari ponsel lama ke ponsel baru.

Source : infokomputer.grid.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest