Follow Us

Mau Kuliah Jurnalistik di Fikom Unpad? Simak Dulu Nih Suka-Duka Menurut Para Mahasiswanya

HAI Internship - Kamis, 20 Desember 2018 | 11:47
Mau Kuliah Jurnalistik di Fikom Unpad? Simak Dulu Nih Suka-Duka Menurut Para Mahasiswanya

Hai-Online.com - Masih bingung mau kuliah jurusan apa? Hai bakal sharing lagi nih ke kalian tentang jurusan Jurnalistik. Tapi, kali ini Jurnalistik Fikom Unpad.

Jurusan ini bisa langsung lo pilih dari awal kuliah. Jadi, di tahun pertama lo nggak mesti masuk kelas komunikasi umum dulu. Jalur masuknya sama kayak universitas negeri lainnya, bisa lewat SNMPTN dan SBMPTN. Bedanya, di sini nggak ada jalur mandiri.

Fikom Unpad ini dikenal reputasi alumni-alumninya. Salah satu alumninya adalah Soleh Solihun yang kini aktif jadi aktor, pembaca acara sekaligus vlogger.

Untuk bisa masuk jurusan ini nggak bisa segampang itu, sob. Banyak peminatnya. Karena itu, sebelum lo menentukan pilihan, lo sebaiknya ketahui dulu cerita-cerita dari para mahasiswanya. Ya senggaknya lo mesti tahu dulu sama pak dosen Sahala yang legendaris itu, deh, sebelum masuk ke jurusan ini. hehe. Yuk simaaak

Resya Adi Nugraha (semester 7)

“Kalo kuliah di jurnalistik Unpad, enaknya pas produksi berita gitu sih. Kalo gur kemaren kan dapet mata kuliah Jurnalisme konvergensi gitu. Jadi tau gimana produksi berita Tv, radio, dan online. Kalau dibandingin sama jurusan lain, ya mungkin kita lebih banyak tugas lapangan aja (liputan). Kalo gue sendiri sih emang suka jalan-jalan hehehe. Dosennya kebanyakan emang mantan wartawan. Dosennya juga mumpuni mata kuliahnya sih kalo menurut gue. Emang mereka ngajar juga sesuai posisi mereka dulu di media.

“Nggak enaknya, ada beberapa sistem tugas yang nggak relevan. Terus ada dosen yang lebih mentingin kuantitas daripada kualitas tugas. Terus kan sekarang udah zamannya konvergensi, tapi masih dominan orientasinya ke (media) cetak."

Anisya Fitrianti (semester 7)

“Enaknya banyak tau soal media. Bisa ketemu tokoh-tokoh penting dan wawancara mereka. Tapi, harus siap tenaga yang banyak. Karena dikejar deadline tiap saat. Deadline-nya jadi bertumpuk gitu apalagi kalo semua mata kuliah ngasih liputan

Kalo penugasan dari dosen itu, misalnya mata kuliah penulisan berita khas. Nanti dosennya bakal ngasih kita topik liputan (atlet/ penulis buku/ kegiatan kampus). Nah, abis itu kita bikin usulan topik. Kita ajuin dulu ide liputannya kayak gimana.

Abis itu ambil data untuk tulisan dan foto juga. Nanti dikumpulin ke dosen sesuai deadline. Terus kalo bisa sih tulisan-tulisan dikirim ke media massa. Kalo sampe dimuat, kita kasih bukti muatnya. Dari situ biasanya sumber nilai tambahan

Dosennya juga asik-asik kok apalagi yang muda. Lebih berasa temen sih bisa sharing santai sama mereka. Gue rasa di jurusan lain nggak secair ini hubungan mahasiswa sama dosennya.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest