HAI-Online.com -Akhir pekan kemarin PT KawasakiMotor Indonesia (KMI) berhasil bikin kaget pecinta otomotif roda dua di Indonesia dengan nurunin harga jual Ninja 250 SL.
Banderol motor itu menjadi Rp 36,8 juta (on the road Jakarta) aja, turun lumayan banyak dari sebelumnya yang ada di angka Rp 45,3 juta.
Imbas banderol barunya itu, harga unit bekasnya otomatis anjlok, nih. Padahal sebelum harga baru ini keluar, harga bekasnya masih cukup bagus, sembari menyesuaikan kondisi.
KJV Motorsport misalnya, showroom motor bekas spesialis motor 250 cc itu sempet melepas motor ini, dengan angka kurang dari Rp 25 juta! Turun harganya drastis kan?
“Iya kemarin sempat jual itu kalau tidak salah Rp 24,5 juta, untuk model 2013 atau 2014 saya lupa,” kata Andreas Novent, salah satu staff KJV Motorsport dilansir dari Gridoto.com.
Sementara itu Charisma Sandi Artha, dari komunitas Ninja Mono Owners ngungkapin, kalau saat ini harga motor miliknya ditawar kurang dari Rp 20 juta oleh pedagang motor bekas.
“Itu untuk keluaran tahun 2014 dan 2015, loh ya. Kalau punya saya pas dijual awal 2018 masih laku Rp 26,5 juta,” katanya via pesan singkat.
Jika memantau situs jual-beli seperti OLX, ada yang melepas Rp 21,5 juta untuk tahun 2014. Sementara unit 2017 masih cukup tinggi, Rp 33 juta.
Wah, Rp 20 jutaan bisa punya motor sport 250 cc, untung banget kan?
Kawasaki Ninja 250 SL pertama kali muncul pada awal tahun 2014 silam.
Hadir sebagai pilihan dari Ninja 250 series dan suksesor Ninja 150 RR yang mulai purna produksi.
Untuk harganya sendiri emang kalo dibandingin emang lebih murah dari Ninja 250 Fi.
Tapi sayangnya penjualan Ninja 250 SL ini nggak semanis saudaranya, yakni Ninja 250 Fi.
Padahal spesifikasinya bener-bener gahar, lho.
Salah satu anggota komunitas Ninja 250 asal Semarang yang enggan disebut namanya beberin spesifikasi motor sport yang look-nya GP banget ini.
"Ninja 250 SL kurang banyak diminati, soalnya desainnya kurang gambot. Makanya banyak anak-anak yang lebih memilih Ninja 250 2 silinder," ujarnya.
"Padahal sebenarnya, Ninja 250 SLitu larinya malah lebih kencengan dari yang 2 silinder, tarikannya enteng," ujarnya pada bulan Juni 2018 lalu.
Hmmmm, masalahnya banyak juga yang ngerasa kalo motor 1 silinder itu 'motor banci'.
Bisa dibilang pernyataan itu masuk akal juga, terutama soal tarikan motornya.
Karena menurut spesifikasinya, KawasakiNinja 250 Fi itu bertenaga maksimum 31,5 dk di 11.000 rpm dan torsi maksimumnya 21 Nm di angka 10.000 rpm.
Sedangkan Kawasaki Ninja 250 SLbertenaga maksimum sebesar 27,6 dk di 9.700 rpm dan torsi maksimumnya 22,6 Nm di angka 8.200 rpm.
Memang kalau tenaga, lebih besar Ninja 250 Fi.
Tapi soal torsi, Ninja 250 SLlebih gede daripada Ninja 250 Fi.
Makanya, tarikan motor terasa enteng dan lebih beringas di awal.
Namun untuk kapasitas cc mesin, keduanya masih sama, yaitu 249 cc. (*)