Follow Us

Muncul Pertama Kali Tahun 1982, Ini Evolusi Mobil Listrik di Dunia

Agung Mustika - Jumat, 23 November 2018 | 13:43
Mobil listrik pertama karya Robert Anderson
Pinterest

Mobil listrik pertama karya Robert Anderson

HAI-Online.com - Siapa bilang teknologi mobil listrik adalah penemuan zaman modern? Ternyata mobil listrik bukan sesuatu yang baru di dunia, sob.

Bahkan cikal bakal mobil listrik udah ada lebih dulu sebelum kendaraan bermesin gas.

Prototipe kendaraan listrik bahkan sudah ada sejak tahun 1832. Robert Anderson adalah seorang berkebangsaan Skotlandia yang mengembangkan kendaraan listrik untuk pertama kalinya.

Namun baru di tahun 1870-an kendaraan berbasis listrik mulai praktis dan dapat digunakan seperti layaknya mobil di zaman sekarang.

Baca Juga : Keren dan Futuristik, Mobil Listrik Buatan Indonesia Jadi Armada TNI-AL

Dibandingkan mobil bertenaga uap dan gas, pada zamannya mobil bertenaga listrik udah lebih hening dan gampang dikendarai.

Apalagi mobil berbasis listrik nggak ngeluarin asap polutan yang bau. Dengan cepat kendaraan ini populer di kota-kota besar Amerika Serikat.

Bahkan pada awal tahun 1900-an, kendaraan listrik sempat mengisi sepertiga dari seluruh kendaraan yang beredar di jalan.

Namun setelah ditemukannya teknologi pengolahan minyak mentah yang lebih murah, kebutuhan akan kendaraan bertenaga ini mulai sedikit diabaikan.

Kondisi ini bikin mobil listrik sedikit demi sedikit menghilang dari peredaran. Riset para ahli dan insinyur pun cenderung lebih kepada mobil dengan internal combustion engine.

Harga minyak mahal, mobil listrik dilirik lagi

Editor : Al Sobry

Latest