Mau Coba Lamar Magang? Pahami Dulu Panduan Berkirim Email yang Benar

Kamis, 09 Agustus 2018 | 13:00
instagram lingkaran

Panduan kirim email yang benar

HAI-Online.com - Emailpastinya nggak asing lagi buat lo untuk berkirim surat, tugas, atau lainnya ke banyak orang, termasuk permohonan magang. Eits, tapi sering menggunakanemailbukan berarti etika berkirim surat selama ini udah benar loh. Jangan-jangan banyak kekeliruan lagi yang malah bisa mengagalkan rencana lo.

Nah, ada baiknya nih pahami dulu etika berkirimemailyang benar. Masa iya kirimemailaja masih terkesan kurang sopan?

BACA JUGA NIH:Kejar Yuk, Beasiswa Kekinian Dunia Digital dari Kemnaker & Lingkaran!

HAIdapatinsight nihdari lingkaran soal panduan berkirimemailyang benar. Semoga bisa membantu lo jadi lebih baik dalam berkirim pesan lewatemail.

Sebelumnya pastikan lo pakai alamatemailyang sesuai dengan nama lo. Ingat ya lo udah dewasa nih,alamatemailpun jadi representasi diri lo. Buang jauh-jauh deh alamatemailkayak "themysteryboy@xxx.com" dan sejenisnya. Jangan alay ya bro!

1. Perhatikan subjekemail

Instagram lingkaran

Panduan kirim email yang benar

Coba lebih hati-hati dalam menulissubjekemail.Pastikan isinya memang akurat menggambarkan isiemaillo. Selain itu memberi arasan jelas untuk penerimaemailbaca isinya. Jangan sampai subjek dikosongin atau nggak jelas ya, bisa-bisa orang ogah bacaemaillo atau malah langsung dianggap sebagaispam.

2. Pembuka

instagram lingkaran

Panduan kirim email yang benar

Sapa penerimaemaillo dengan ucapan yang tepat dan sopan. Bisa "halo", "selamat pagi", dan sejenisnya yang disesuaikan dengan penerima pesan. Lalu, coba tulis juga secara singkat pembuka lain, seperti perkenalkan diri lo, latar belakang, dan dari mana dapat informasi soal lowongan magang itu atau siapa yang merekomendasikan lo untuk melamar magang.

3. Tubuhemail

Instagram lingkaran

Panduan kirim email yang benar

Setelah penjelasan singkat di pembuka, lo juga mesti perhatikan bagian tubuhemaillo. Tulis secara jelas, ringkas, dan menyeluruh siapa diri lo di luar CV. Di sini lo bisa masukin beberapa hal khusus di diri lo, misal pengalaman magang sebelumnya atau ada prestasi lain yang patut disorot dan bisa jadi nilai lebih perusahaan dalam menilai diri lo. Jangan lupa untuk koreksi dan cek lagi tata bahasa ya.

4. Penutup

instagram lingkaran

Panduan kirim email yang benar

Nih, lingakaran menitikberatkan jangan sampai lo menggunakan emoji apa pun. Nggak perlu menambahkan ekspresi emosi diri lo dalamemail.Lebih baik kalimat soal harapan lo ke depan setelah kirim emaildan ucapan terima kasih. Tanda tanganemailresmi berisi nama lengkap disertai hal lain yang berkaitan juga diperlukan.

HAIkasih tambahan ya bro,emailitu bisa jadi gerbang pertama yang menentukan langkah lo selanjutnya. Jadi, hati-hati dalam kirimemail.Cek lagi dan lagi, jangan sampai ada yangtypo. Periksa juga apa dokumen yang loattachudah ada apa belum.

Panduan ini juga nggak hanya berlaku waktu mau kirim permohonan magang loh. Ini juga wajib diterapkan buat kirimemailke dosen atau pihak khusus lain yang tentunya perlu etika yang baik.Good luckya! Semoga habis ini nggak ada lagiemailbernada kurang sopan atau nggak jelas dari lo ya.

Tag :

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya